Menengok jembatan batu mirip tuts piano di Taishun, China, yang viral lewat Gala Festival Musim Semi

2023-02-05 13:56:30   来源:新华社

JUDUL: Menengok jembatan batu mirip tuts piano di Taishun, China, yang viral lewat Gala Festival Musim Semi

DATELINE: 4 Februari 2023

DURASI: 00:02:22

LOKASI: Wenzhou, China

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pertunjukan drama tari

2. STANDUP 1 (Bahasa Inggris): CUI LI, Koresponden Xinhua

3. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): LAN LINA, Pejabat setempat

4. Berbagai cuplikan Jembatan Dingbu

5. STANDUP 2 (Bahasa Inggris): CUI LI, Koresponden Xinhua

6. Berbagai cuplikan pertunjukan tari naga di Jembatan Dingbu

7. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIN MINXIA, Penduduk setempat dan salah satu anggota di tim tari naga

8. Berbagai cuplikan karya seni

9. Berbagai cuplikan Jembatan Dingbu

 

STORYLINE:

Sebuah pertunjukan tari yang ditampilkan dalam Gala Festival Musim Semi berhasil memukau banyak penonton. Terinspirasi dari manakah pertunjukan tersebut? Simak video liputan Xinhua di Taishun berikut ini untuk menemukan jawabannya.

STANDUP 1 (Bahasa Inggris): CUI LI, Koresponden Xinhua

"Hai! Saya Cui Li dari Kantor Berita Xinhua. Saat ini kami berada di wilayah Taishun yang terletak di Kota Lishui, Provinsi Zhejiang, China timur. Jembatan di belakang saya ini disebut Dingbuqiao (Jembatan Dingbu), yang merupakan jembatan kuno terpanjang dari jenisnya di seluruh dunia."

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): LAN LINA, Pejabat setempat

"Setelah pertunjukan drama tari bertajuk 'Stepping Stones' dalam Gala Festival Musim Semi menjadi viral, banyak wisatawan dari seluruh penjuru negeri datang untuk melihat langsung jembatan itu. Selama liburan Festival Musim Semi (21-27 Januari), Taishun menerima lebih dari 410.000 wisatawan, naik 132 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu."

Jembatan Dingbu juga disebut "jembatan piano" karena terlihat seperti tuts piano. "Jembatan piano" itu memiliki panjang 136 meter dengan 223 batu pijakan. Dengan struktur kayu pinus di dasar jembatan, ratusan batu pijakan itu mampu berdiri kokoh di atas sungai.

STANDUP 2 (Bahasa Inggris): CUI LI, Koresponden Xinhua

"Jembatan ini dibangun pada 1795. Berjalan di atas jembatan yang dibangun ratusan tahun lalu ini merupakan pengalaman yang unik bagi saya."

Dikelilingi dengan pegunungan yang subur dan sungai yang jernih, Taishun terkenal dengan pelestarian berbagai jenis jembatan kuno dan budaya-budaya rakyat yang berbeda.

Pertunjukan tari naga di atas jembatan itu menjadi warisan budaya takbenda China sejak 2011. Pertunjukan tersebut berasal dari Taishun lebih dari 200 tahun silam.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIN MINXIA, Penduduk setempat dan salah satu anggota di tim tari naga

"Kami lahir dan dibesarkan di sini. Kami berjalan dan saling berkejaran di batu-batu pijakan itu sejak kami masih anak-anak. (Batu-batu) itu membantu meningkatkan keseimbangan kami. Berkat jembatan itu, pertunjukan kami dapat dikenal secara luas."

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah seniman China mendapatkan inspirasi dari kesenian rakyat tradisional dan budaya-budaya setempat untuk menciptakan karya seni yang inovatif.

Tren ini membantu merevitalisasi dan melestarikan warisan budaya China yang kaya sekaligus memberikan jalan baru bagi kegiatan-kegiatan yang mengekspresikan kreativitas.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Wenzhou, China.

(XHTV)

【记者:Cui Li,Fang Lie 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/2fc1605749c9922d68f5cbff68a3a7e8/1675576592958

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD