Korsel-AS gelar latihan udara gabungan di tengah peringatan RRDK

2023-02-03 20:11:36   来源:新华社

JUDUL: Korsel-AS gelar latihan udara gabungan di tengah peringatan RRDK

DATELINE: 2 Februari 2023

DURASI: 00:01:18

LOKASI: Seoul

KATEGORI: MILITER

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan latihan udara gabungan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat (Sumber: Kementerian Pertahanan Korea Selatan)

2. Berbagai cuplikan gedung Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Xinhua/Yonhap)

3. Berbagai cuplikan konferensi pers bersama oleh kepala pertahanan Korea Selatan dan Amerika Serikat pada 31 Januari 2023 (Xinhua/Yonhap)

 

STORYLINE:

Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan udara gabungan yang melibatkan pesawat pengebom dan jet tempur strategis AS, demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada Kamis (2/2).

Pesawat yang dikerahkan untuk mengikuti latihan militer tersebut termasuk pengebom strategis B-1B serta jet tempur siluman F-22 dan F-35B dari Angkatan Udara AS, serta pesawat tempur F-35A dari Angkatan Udara Korea Selatan.

Latihan tersebut dilakukan pada Rabu (1/2) di atas perairan barat Korea Selatan untuk menunjukkan "niat dan kemampuan AS untuk memberikan strategi extended deterrence yang kuat dan kredibel," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, pihak kementerian mengungkapkan bahwa kedua sekutu tersebut akan memperkuat latihan militer gabungan mereka sehubungan dengan pengerahan aset strategis AS.

Latihan udara gabungan itu digelar setelah para kepala pertahanan Korea Selatan dan Amerika Serikat mengadakan pembicaraan di Seoul pada Selasa (31/1). Mereka sepakat untuk memperluas serta memperkuat tingkat dan skala latihan maupun praktik gabungan tahun ini.

Merespons hal tersebut, Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) mengecam "manuver konfrontasi militer yang sembrono dan tindakan permusuhan" dari Amerika Serikat dan Korea Selatan.

RRDK mengecam Amerika Serikat dan Korea Selatan karena memperpanjang latihan gabungan yang berkelanjutan dalam hal skala dan ruang lingkup, lapor kantor berita resmi negara itu, Korean Central News Agency (KCNA), mengutip pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian tersebut.

Pyongyang menegaskan kembali sikap prinsipnya terhadap Amerika Serikat, yaitu RRDK akan berpegang pada prinsip "nuklir dibalas nuklir dan konfrontasi habis-habisan dibalas dengan konfrontasi habis-habisan" serta tidak akan tertarik untuk melakukan kontak atau dialog apa pun dengan AS selama Washington mempertahankan kebijakan permusuhan dan sikap konfrontatif, menurut pernyataan itu.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Seoul.

(XHTV)

【记者:Chen Yi,Liu Shengji,Jin Haomin,Yang Chang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/dda37b5dd96b2dd4a88587df2a24f820/1675426298598

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD