Irak dan Arab Saudi akan perkuat kerja sama dalam isu-isu regional dan internasional

2023-02-03 18:40:34   来源:新华社

JUDUL: Irak dan Arab Saudi akan perkuat kerja sama dalam isu-isu regional dan internasional

DATELINE: 3 Februari 2023

DURASI: 00:01:48

LOKASI: Baghdad

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud mengunjungi Irak

 

STORYLINE:

Irak dan Arab Saudi sepakat memperkuat kerja sama di berbagai level dan melanjutkan koordinasi dalam isu-isu regional dan internasional.

Presiden Irak Abdul Latif Rashid pada Kamis (2/2) mengatakan bahwa Irak ingin memperkuat kerja sama dengan Arab Saudi serta melanjutkan koordinasi dan konsultasi dengan negara kerajaan itu perihal isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian bersama.

Rashid menyampaikan pernyataan tersebut dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud yang sedang berkunjung, menurut pernyataan yang dirilis oleh Kepresidenan Irak.

Ini merupakan kunjungan pertama diplomat tinggi Arab Saudi ke Irak sejak Perdana Menteri Irak Mohammed Shia' al-Sudani menjabat pada Oktober tahun lalu.

Dalam pertemuan antara Faisal dan al-Sudani pada Kamis, kedua pejabat itu "membahas hubungan bilateral, penguatan kerja sama di berbagai bidang, serta koordinasi dalam isu-isu regional dan internasional," menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor pers perdana menteri Irak.

Dalam kunjungan tersebut, Faisal juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein.

"Hubungan antara kedua negara mencatatkan momentum positif yang besar" dan kedua belah pihak "bekerja sama dengan erat untuk melanjutkan momentum itu guna memperdalam koordinasi di bidang ekonomi dan pembangunan, serta mendukung upaya Baghdad untuk mengonsolidasikan kemakmuran, stabilitas, dan pertumbuhan," ujar Faisal dalam konferensi pers bersama dengan Hussein usai keduanya melangsungkan pertemuan.

Sementara itu, Hussein mengatakan bahwa Irak berkoordinasi dengan Arab Saudi mengenai kebijakan minyak dalam kerangka OPEC dan OPEC+, serta melakukan kerja sama intensif dalam perdagangan dan investasi bilateral.

Irak menjalin kerja sama dengan Arab Saudi dalam bidang keamanan dan pemberantasan geng narkoba, ungkap diplomat tinggi Irak itu, seraya menambahkan bahwa kedua negara juga memperkuat kerja sama guna mengurangi ketegangan di kawasan.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Baghdad.

(XHTV)

【记者:Jamal Hashim,Khalil Dawood 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/451cdbfdf4fc3032f17a541bb5900b47/1675420837781

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD