GLOBALink: Box office China catatkan pemulihan yang kuat selama liburan Festival Musim Semi

2023-01-28 13:52:10   来源:新华社

   Setelah merasakan dampak negatif COVID-19, bioskop-bioskop di China menyambut penonton dalam jumlah besar selama liburan Festival Musim Semi.

   Ini merupakan liburan Festival Musim Semi pertama setelah penyesuaian respons negara itu terhadap COVID-19 pada awal bulan ini.

   "Para penonton kembali semuanya!" kata Dong Wenxin, seorang manajer bioskop di kota Jinan, China timur, yang senang melihat kembalinya penonton ke bioskopnya. "Mereka benar-benar kembali."

   Liburan selama sepekan itu berakhir pada Jumat (27/1). Liburan itu biasanya menjadi periode menonton bioskop yang menguntungkan di China.

   Hingga Jumat pukul 19.00 waktu setempat, Box office selama periode liburan tersebut menjual 126 juta tiket, mengantongi pendapatan senilai 6,65 miliar yuan (1 yuan = Rp2.209), menurut platform pelacak box office Maoyan.

   Nilai tersebut melampaui penghasilan yang tercatat selama liburan yang sama tahun lalu, menjadikan liburan Festival Musim Semi tahun ini sebagai yang berpenghasilan tertinggi kedua hingga saat ini.

   Enam judul film domestik dirilis pada Festival Musim Semi, atau Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada 22 Januari lalu.

   Memuncaki tangga box office liburan adalah film "Full River Red" yang menyuguhkan cerita penuh pelintiran (plot twist), yang menjadi film pertama sutradara Zhang Yimou dalam genre "ketegangan (suspense) plus komedi". Akhir dari film tersebut membuat banyak penonton menangis yang menampilkan adegan ribuan tentara membacakan prosa ciptaan jenderal patriotik Yue Fei dari Dinasti Song (960-1279). Drama historis itu meraup 2,34 miliar yuan, terhitung sekitar 38 persen dari total box office.

   "The Wandering Earth II" karya Guo Fan, prekuel blockbuster sci-fi 2019 "The Wandering Earth", berada di posisi kedua dengan meraup 1,98 miliar yuan. Dalam sebuah wawancara, Guo menggambarkan pembuatan film "lift luar angkasa", yang memukau banyak penonton bioskop yang merupakan penggemar novel asli Liu Cixin itu, sebagai "mimpi buruk."

   Posisi ketiga dalam tangga box office ditempati oleh film animasi "Boonie Bears: Guardian Code", film terbaru dari salah satu waralaba film yang paling lama tayang di China. Film ini meraup 680 juta yuan.

   Film-film lainnya adalah aksi mata-mata Cheng Er dalam "Hidden Blade" yang dibintangi oleh Tony Leung Chiu-Wai; "Deep Sea," sebuah film fantasi animasi karya sutradara Tian Xiaopeng, yang juga menyutradarai film "Monkey King: Hero is Back"; dan film "Five Hundred Miles," sebuah film komedi yang dibintangi oleh Zhang Xiaofei, seorang komedian yang terkenal karena perannya dalam film yang menjadi kuda hitam pada 2021 "Hi, Mom."

 

   Diproduksi oleh Xinhua Global Service

【记者:Li Ang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/1125a5a650e7abbbe667bfc701b25963/1674885133556

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD