Kalangan konsumen di Spanyol sambut baik pembekuan harga produk makanan tertentu

2023-01-28 13:02:34   来源:新华社

JUDUL: Kalangan konsumen di Spanyol sambut baik pembekuan harga produk makanan tertentu

DATELINE: 27 Januari 2023

DURASI: 00:01:23

LOKASI: BARCELONA, Spanyol

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pelanggan berbelanja di sebuah pasar di Barcelona

2. SOUNDBITE (Bahasa Spanyol): RUBEN SANCHEZ, Sekretaris Jenderal FACUA

3. Berbagai cuplikan sebuah supermarket di Barcelona

 

STORYLINE:

Asosiasi konsumen di Spanyol menyambut baik pembekuan harga yang diputuskan oleh pemerintah untuk produk-produk makanan tertentu, seperti roti, susu, dan minyak, setidaknya selama empat bulan ke depan. Namun, mereka juga berpendapat bahwa pihak berwenang harus memastikan toko-toko mematuhi keputusan tersebut.

Pemangkasan pajak penjualan telah mulai diberlakukan pada 1 Januari.

Menteri Urusan Ekonomi Spanyol Nadia Calvino pada pekan ini menyampaikan bahwa konsumen akan mulai merasakan dampak pemangkasan itu pada tagihan belanja bulanan mereka.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Keuangan (Asociacion Usuarios Financieros/Asufin) terhadap sejumlah supermarket utama di Spanyol, tagihan belanja menurun 10 persen sejak kebijakan itu diterapkan.   

Organisasi konsumen Spanyol FACUA menyampaikan bahwa karena terdapat jaringan 24.000 toko makanan di Spanyol, aspek utama dari keberhasilan kebijakan itu adalah memastikan toko-toko mematuhinya.   

SOUNDBITE (Bahasa Spanyol): RUBEN SANCHEZ, Sekretaris Jenderal FACUA

"Meski penurunan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk makanan tertentu memiliki dampak terbatas terhadap pengeluaran bulanan kita dalam jangka pendek, aspek terpenting dari kebijakan itu adalah pembekuan harga produk-produk makanan selama empat bulan, atau enam bulan jika inflasi inti pada Maret tercatat di atas 5,5 persen. Harus ada kolaborasi di antara badan-badan perlindungan konsumen di berbagai daerah, yang seharusnya mencakup protokol untuk memantau harga dan memberi tahu pihak berwenang jika ada kenaikan harga apa pun."    

Harga makanan di Spanyol naik 15,7 persen pada Desember dibandingkan bulan yang sama pada 2021, yang mendorong pemerintah untuk menerapkan kebijakan yang akan menelan biaya sebesar 700 juta euro (1 euro = Rp16.337) itu.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Barcelona, Spanyol.

(XHTV)

【记者:NeilStokes 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/bcbb710826f4d0b5a32a172ed2a93d3c/1674882156944

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD