9 warga Palestina tewas dalam serbuan tentara Israel di Tepi Barat

2023-01-27 16:37:47   来源:新华社

JUDUL: 9 warga Palestina tewas dalam serbuan tentara Israel di Tepi Barat

DATELINE: 27 Januari 2023

DURASI: 00:04:23

LOKASI: Gaza

KATEGORI: LAIN-LAIN

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan bentrokan antara warga Palestina dan tentara Israel di Jenin

2. Berbagai cuplikan serbuan yang dilakukan tentara Israel di Jenin

3. Berbagai rekaman kerusakan akibat serbuan tentara Israel di Jenin

4. Berbagai cuplikan aksi unjuk rasa

 

STORYLINE:

Sedikitnya sembilan warga Palestina, termasuk seorang wanita lansia, tewas dalam serbuan tentara Israel pada Kamis (26/1) di wilayah Tepi Barat yang diduduki, demikian menurut berbagai sumber Palestina.

Kekerasan itu terjadi di kamp pengungsi Jenin di bagian utara Tepi Barat, daerah rawan konflik yang menjadi benteng pertahanan militan dan kerap menjadi sasaran serbuan tentara Israel selama hampir setahun terakhir.

Militer Israel mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menyerbu kamp pengungsi tersebut, dan mengklaim tindakan mereka sebagai upaya untuk menggagalkan "serangan besar" oleh militan.

Kementerian Kesehatan Palestina menyebutkan dalam sebuah pernyataan bahwa sedikitnya sembilan orang tewas dan 13 lainnya luka-luka, termasuk tiga orang yang menderita luka serius.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Kesehatan Palestina Mai al-Kaila menuding pasukan Israel melemparkan gas air mata ke ruang perawatan anak-anak di sebuah rumah sakit.

Militer Israel mengklaim dalam pernyataannya bahwa tentara dan pasukan antiterorisme nasional Yamam menyerbu kamp pengungsi Jenin untuk menangkap "regu teror" yang terafiliasi dengan Jihad Islam, sebuah kelompok bersenjata Palestina.

Tidak ada korban luka dari pihak Israel yang dilaporkan.

Pada Kamis sore waktu setempat, ribuan pelayat Palestina memakamkan jenazah para korban tewas.

Menyusul penyerbuan itu, warga Palestina berunjuk rasa mengutuk pembunuhan sembilan warga Palestina tersebut oleh tentara Israel.

Menurut data Kementerian Kesehatan Palestina, lebih dari 170 warga Palestina tewas di Tepi Barat pada 2022, dan sedikitnya 29 orang tewas pada Januari tahun ini.

Sebuah pernyataan yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa 2022 menjadi tahun paling mematikan bagi warga Palestina sejak 2006.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Gaza.

(XHTV)

【记者:Liu Weijian,Sanaa Kamal,Khader Abu Kwaik 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/7e5bdd69cf49259be667bfc701b25963/1674808670308

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD