Protes devaluasi mata uang, ratusan warga Irak gelar unjuk rasa

2023-01-26 19:37:41   来源:新华社

JUDUL: Protes devaluasi mata uang, ratusan warga Irak gelar unjuk rasa

DATELINE: 26 Januari 2023

DURASI: 00:01:05

LOKASI: Baghdad

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan unjuk rasa

 

STORYLINE:

Ratusan warga Irak pada Rabu (25/1) berunjuk rasa di dekat Bank Sentral Irak (Central Bank of Iraq/CBI) di pusat kota Baghdad untuk memprotes devaluasi dinar Irak baru-baru ini dan menuntut pemerintah mengambil tindakan guna menstabilkan mata uang tersebut. 

Menurut sebuah sumber di Kementerian Dalam Negeri Irak, para pengunjuk rasa berkumpul di luar kompleks CBI di tengah penjagaan pihak keamanan yang ketat saat polisi anti huru-hara menutup area tersebut. 

Banyak pengunjuk rasa membawa bendera dan spanduk, yang beberapa di antaranya bertuliskan, "Cukup sudah dengan janji-janji. Turunkan nilai dolar," dan lainnya bertuliskan, "Harga yang tinggi membunuh kami." 

Sebelumnya pada pekan ini, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia' al-Sudani menyampaikan bahwa "pemerintah terus memberikan dukungannya kepada Bank Sentral Irak untuk mengembalikan nilai tukar dolar ke nilai tukar resmi. Kami telah mengambil beberapa keputusan tegas untuk mendukung dan menstabilkan dinar Irak, dan kami memberikan peringatan kepada mereka yang berupaya mengeksploitasi krisis ini."

Al-Sudani menuturkan, "(Nilai) dolar naik bukanlah imbas dari keputusan pemerintah, melainkan karena adanya pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari kondisi sementara ini dan gejolak di pasar."

Pada Senin (23/1), al-Sudani menerima pengunduran diri gubernur Bank Sentral Irak Mustafa Ghalib Mukheef menyusul devaluasi dinar Irak baru-baru ini. Mukheef, yang telah menjabat sejak 2020, digantikan oleh Muhsen al-Allaq sebagai pelaksana tugas (plt) gubernur bank sentral.

Baru-baru ini, nilai tukar 1 dolar AS melonjak menjadi lebih dari 1.600 dinar Irak di pasar lokal, sementara nilai tukar resminya di CBI adalah 1.450 dinar Irak. Inflasi dolar itu menyebabkan kenaikan harga komoditas.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Baghdad.

(XHTV)

【记者:Khalil 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/5de5922838e9b2c3a88587df2a24f820/1674733063422

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD