Mata uang lokal terus merosot, warga Lebanon gelar unjuk rasa di Beirut

2023-01-26 16:45:03   来源:新华社

JUDUL: Mata uang lokal terus merosot, warga Lebanon gelar unjuk rasa di Beirut

DATELINE: 26 Januari 2023

DURASI: 00:02:01

LOKASI: Beirut

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan aksi unjuk rasa

2. SOUNDBITE (Bahasa Arab): IBRAHIM ABDALLAH, Pengunjuk rasa

3. Berbagai cuplikan aksi unjuk rasa

 

STORYLINE:

Para pengunjuk rasa Lebanon pada Rabu (25/1) memblokir jalan-jalan di dekat Bank Sentral Lebanon di Beirut, ibu kota Lebanon, setelah mata uang lokal jatuh ke level terendah baru di angka 57.200 pound Lebanon per satu dolar AS.

Para pengunjuk rasa meneriakkan berbagai slogan dan memegang poster yang mengecam gubernur bank sentral atas surat edaran yang dia keluarkan selama beberapa tahun terakhir, yang telah menimbulkan kerugian besar terhadap deposito masyarakat di bank-bank komersial.

SOUNDBITE (Bahasa Arab): IBRAHIM ABDALLAH, Pengunjuk rasa

"Hari ini, khususnya dalam aksi unjuk rasa terhadap surat edaran tidak adil yang dikeluarkan oleh bank sentral, oleh gubernur bank sentral Riad Salameh, surat edaran ini diimplementasikan dalam bentuk kontrol modal meskipun itu ilegal. Ini menyebabkan potongan besar pada deposito dan hari ini kami datang untuk memprotes itu dan menentang gagasan Sayrafa (platform penukaran mata uang) yang diadopsi oleh pemerintah dengan dalih mengendalikan nilai tukar. Hasilnya, kita melihat nilai tukar yang tidak terkendali dan nilai dolar AS telah mencapai 55.000 pound Lebanon hari ini. Orang-orang tidak memiliki kapasitas untuk melakukan pembelian atau apa pun."

Lebanon mengalami krisis keuangan yang berkepanjangan, dan negara itu sejauh ini gagal menerapkan reformasi struktural untuk memulai proses pemulihan.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Beirut.

(XHTV)

【记者:Liu Zongya 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/c3348c208185eded73b56e1684af3eb1/1674722705512

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD