Indonesia sambut kedatangan wisatawan China di Bali dengan kalungan bunga

2023-01-24 14:43:32   来源:新华社

JUDUL: Indonesia sambut kedatangan wisatawan China di Bali dengan kalungan bunga

DATELINE: 23 Januari 2023

DURASI: 00:02:40

LOKASI: Jakarta

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. STANDUP 1 (Bahasa Inggris): SUN LEI, Koresponden Xinhua

2. Berbagai cuplikan upacara penyambutan

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LI JINGXIA, Wisatawan China

4. Berbagai cuplikan upacara penyambutan di bandara

 

STORYLINE: 

STANDUP 1 (Bahasa Inggris): SUN LEI, Koresponden Xinhua

"Sebuah pesawat sewaan yang terbang dari Shenzhen tiba di Bali pada Minggu (22/1) pagi dengan membawa 210 wisatawan China. Beberapa pejabat pemerintah, termasuk gubernur dan wakil gubernur Bali, hadir di bandara untuk menyambut wisatawan China tersebut. Gubernur Bali mengatakan bahwa kedatangan wisatawan dari China ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Pada 2019, China menduduki peringkat ke-2 dalam hal kedatangan wisatawan internasional di Bali. Dia berharap kembalinya wisatawan China dapat menghidupkan kembali industri pariwisata Bali."

Upacara penyambutan mempersembahkan tarian dan lagu-lagu tradisional setempat kepada para wisatawan, yang juga disambut dengan kalungan bunga sebagai simbol iktikad baik.

Rombongan wisatawan tersebut menjadi gelombang wisatawan pertama China yang tiba di Bali melalui penerbangan sewaan setelah pemerintah China mengoptimalkan aturan COVID-19.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LI JINGXIA, Wisatawan China

"Ini bukan pertama kalinya saya ke sini. Saya sudah ke sini berkali-kali. Saya cinta Bali. Saya terbang dari Shenzhen, China. Saya ingin mengunjungi Nusa Dua, Kuta, dan Lovina. Saya harap Bali bisa semakin terbuka di era pascpapandemi, dan semakin banyak wisatawan China dapat kembali ke sini karena kami senang datang ke Bali untuk berlibur."

Pada upacara tersebut, Zhu Xinglong, Konsul Jenderal China di Denpasar, Bali, mengatakan dirinya sangat menghargai pengaturan bijaksana yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk menyambut wisatawan China.

Zhu mengatakan bahwa Konsulat Jenderal China di Denpasar akan memperkuat kerja sama pariwisata dengan departemen-departemen terkait di Indonesia, serta mendorong pertukaran personel maupun hubungan antarbangsa di antara kedua negara.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Jakarta.

(XHTV)

【记者:Sun Lei,Gu Lu,Wa Yang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/5dc2e2ee6f9292d5a88587df2a24f820/1674542614505

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD