Tahun Baru Imlek dirayakan di Myanmar

2023-01-23 13:12:55   来源:新华社

JUDUL: Tahun Baru Imlek dirayakan di Myanmar

DATELINE: 22 Januari 2023

DURASI: 00:05:00

LOKASI: Yangon

KATEGORI: BUDAYA

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan acara perayaan

 

STORYLINE:

Masyarakat Myanmar dan komunitas diaspora China di Yangon menyambut Tahun Kelinci pada Sabtu (21/1), malam Tahun Baru Imlek.

Perwakilan dari kedua negara itu, Ketua Dewan Administrasi Negara (State Administration Council/SAC) Myanmar Min Aung Hlaing dan Duta Besar China untuk Myanmar Chen Hai, turut berpartisipasi dalam perayaan tersebut.

Dalam sambutannya di acara tersebut, Min Aung Hlaing mengatakan sangat senang dapat berpartisipasi dalam perayaan itu.

Myanmar dan China memiliki persahabatan "Paukphaw" (persaudaraan), katanya.

Myanmar adalah tetangga sejati China dan rakyat China, dan China adalah tetangga penting sekaligus mitra kerja sama strategis komprehensif Myanmar, lanjut Min Aung Hlaing.

Dia juga menyampaikan salam tahun baru, mendoakan diaspora China di Myanmar dan masyarakat Tionghoa di China dan di seluruh dunia agar mendapatkan kebahagiaan, kesehatan, kemakmuran, dan keberuntungan.

Saat berbicara pada acara itu, Duta Besar China Chen mengatakan kedua negara akan terus melanjutkan persahabatan persaudaraan mereka, memperdalam pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang serta mempromosikan pembangunan komunitas China-Myanmar dengan masa depan bersama untuk memberi manfaat lebih baik bagi kedua bangsa.

Perayaan yang penuh dengan kemeriahan itu digelar di Stadion Thuwunna Yangon, yang dibangun dan diperbagus dengan bantuan China.

Acara tersebut menampilkan pertandingan bola basket persahabatan antara staf kedutaan China dan tim Myanmar, stan-stan yang menyuguhkan berbagai benda budaya dan makanan khas, pertunjukan barongsai dan tari naga, program hiburan serta kembang api.

Acara itu diakhiri dengan para perwakilan diaspora China menyanyikan sebuah lagu tentang persahabatan China-Myanmar.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Yangon.

(XHTV)

【记者:SanWaiAung 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/4d12e9f8a87cbffff9110662f8981993/1674450777604

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD