Tajuk Xinhua: Xi Jinping gelar percakapan virtual dengan seluruh rakyat China, sampaikan ucapan selamat jelang perayaan Tahun Kelinci (Bagian 2)

2023-01-20 17:41:24   来源:新华社

   Menyebut bahwa musim dingin merupakan musim puncak penggunaan energi di China, Xi mengatakan bahwa segala upaya harus dilakukan demi menjamin pasokan batu bara, listrik, minyak bumi, dan gas alam, serta menjaga harga-harga tetap stabil.

   Dia menekankan pentingnya kesiapan penuh dalam menghadapi potensi gelombang dingin ekstrem, menjamin pasokan energi, dan memastikan masyarakat tetap hangat selama musim dingin ini.

   Menyinggung peran penting badan-badan usaha milik negara yang berada langsung di bawah pemerintah pusat, Xi menyerukan agar mereka melakukan upaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan output serta menjamin pasokan guna memenuhi kebutuhan konsumsi energi dari pembangunan ekonomi dan sosial.

   Terletak di Gurun Taklimakan, Xinjiang, ladang minyak Tarim yang dikelola oleh China National Petroleum Corporation merupakan sumber gas alam utama untuk jaringan pipa gas barat ke timur di negara itu. Ladang minyak tersebut menyediakan pasokan gas alam bagi penduduk di Xinjiang bagian selatan dan berbagai provinsi, daerah, serta kota di sepanjang jalur pipa itu.

Xi berbicara dengan staf kereta api penumpang di Stasiun Timur Zhengzhou di Kota Zhengzhou, China tengah, serta para penumpang di peron stasiun tersebut melalui tautan video pada 18 Januari 2023. (Xinhua/Yan Yan)

   Lewat tautan video, Xi menyampaikan ucapan selamatnya kepada staf kereta api penumpang di Stasiun Timur Zhengzhou, salah satu stasiun kereta cepat terbesar di China, yang terletak di Kota Zhengzhou, China tengah, dan bercakap-cakap dengan sejumlah penumpang di peron stasiun tersebut.

   Dia bertanya kepada para penumpang apakah mereka sedang mudik untuk berkumpul kembali dengan keluarga atau sekadar bepergian, sambil mengingatkan mereka akan kesadaran tentang keselamatan diri selama perjalanan.

   Xi menyoroti pentingnya perjalanan Festival Musim Semi bagi kepentingan langsung masyarakat, pembangunan ekonomi, dan stabilitas sosial.

   Xi mengungkapkan bahwa arus mudik Festival Musim Semi tahun ini merupakan yang pertama sejak negara itu memasuki fase baru respons COVID, dengan pemulihan arus penumpang yang besar. Dia mendesak upaya untuk memastikan perjalanan yang aman dan sehat bagi masyarakat, serta aliran pasokan penting yang lancar dan teratur.

   Lebih lanjut Xi juga menyerukan upaya untuk memperkuat pemantauan dan peringatan dini tentang kondisi cuaca ekstrem serta melaksanakan perbaikan upaya keselamatan demi mencegah terjadinya kecelakaan besar.

   Xi meminta pelaksanaan langkah-langkah anti-COVID yang ketat guna menurunkan risiko infeksi hingga seminimal mungkin.

   Ucapan selamat merayakan Tahun Baru Imlek juga disampaikan Xi kepada para penjual dan pelanggan di pasar grosir Xinfadi, sebuah pasar besar untuk produk segar di Beijing.

   Xi merasa gembira ketika mendengar langsung dari mereka bahwa harga-harga bahan pangan stabil dan persediaan berbagai produk memadai.

   Presiden China itu mendesak agar pasar grosir tersebut memperluas jaringan pemasoknya dan menambah keragaman produk, menjaga kualitas, memperketat pemeriksaan keamanan pangan, serta meningkatkan manajemen pasar.

   Xi menekankan pula soal pelipatgandaan upaya untuk memastikan kelancaran produksi, penjualan, dan suplai beragam komoditas penting, seperti biji-bijian, minyak pangan, daging, telur, susu, buah, dan sayuran.

   Pengiriman yang lancar, persediaan yang cukup dan beragam, serta harga pasar yang stabil dari komoditas-komoditas tersebut harus dijamin selama liburan ini, agar masyarakat dapat menikmati Tahun Baru Imlek yang bahagia dan sejahtera, kata Xi.

Xi berbicara dengan warga desa dan wisatawan di Desa Shiyi di Provinsi Sichuan, China barat daya, melalui tautan video pada 18 Januari 2023. (Xinhua/Yin Bogu)

   Menyapa warga desa dan wisatawan di Desa Shiyi di Provinsi Sichuan, China barat daya, Xi menyerukan kepada mereka agar berjuang untuk kemakmuran bersama demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

   Desa Shiyi merupakan salah satu desa yang dibangun kembali setelah dilanda gempa bumi Wenchuan yang dahsyat pada 2008 lalu.

   Xi memberikan ucapan selamatnya kepada warga dan wisatawan di desa itu, serta menyampaikan harapan terbaiknya untuk Festival Musim Semi tahun ini kepada semua masyarakat pedesaan di seluruh penjuru China dan mereka yang bekerja keras di garis depan dalam upaya revitalisasi pedesaan di negara itu.

   Dia bertanya kepada para pejabat setempat dan wisatawan seputar pariwisata di Desa Shiyi. Mendengar tanggapan positif mereka, Xi menekankan peran penting spesialisasi pertanian dan pariwisata pedesaan dalam program revitalisasi pedesaan di era baru.

   Xi mengungkapkan bahwa dirinya secara khusus memperhatikan daerah pedesaan dan masyarakat pedesaan setelah negara itu menyesuaikan langkah-langkah respons COVID-19.

   Xi menekankan upaya untuk meningkatkan perawatan medis bagi mereka yang paling rentan terhadap virus itu di daerah pedesaan, dan memastikan kesehatan warga pedesaan serta kelancaran aktivitas kerja dan kehidupan normal mereka seoptimal mungkin.

   Di akhir percakapan virtualnya, Xi menyampaikan pidato penting.

   "Di saat kita menyambut Festival Musim Semi, saya terlebih memperhatikan tentang rekan-rekan dan pejabat yang bekerja di tingkat dasar," kata Xi.

   Xi menyampaikan bahwa percakapan virtual tahun ini telah memungkinkannya berbicara dengan masyarakat di seluruh penjuru negeri. Dikatakannya bahwa dirinya dapat merasakan kebahagiaan serta kegembiraan masyarakat, bahkan dari balik layar.

   "Hati saya selalu bersama Anda semua dan masyarakat dari semua kelompok etnis di seluruh negeri," ucap Xi. "Harapan terbesar saya adalah kita semua dapat menikmati Festival Musim Semi yang bahagia."

   Xi menginstruksikan implementasi langkah-langkah respons COVID yang dapat diandalkan pada fase baru ini maupun langkah yang efektif untuk mencegah keadaan darurat dan kecelakaan, sehingga masyarakat di seluruh negeri dapat menikmati Festival Musim Semi yang penuh kegembiraan dan aman.

   Tahun lalu berjalan luar biasa namun tidak mudah, ujar Xi. "Kita telah mengatasi segala macam kesulitan dan tantangan, menorehkan pencapaian-pencapaian baru di semua lini."

   Untuk tahun mendatang, Xi menyerukan upaya bersama guna mencapai lebih banyak kemajuan dan kontribusi yang lebih besar bagi negara.  Selesai

【记者:Cao Pengyuan,Xu Lingui,Fu Shuangqi,Wang Di,Guo Likun,Yu Xiaohua,Jiang Shengxiong,Yue Xitong,Li Yue,Jia Zhao,Ren Yaoti,Wu Ziyu,Yi Du,Li Tao,Yan Yan,Yue Yuewei,Yin Bogu,Xie Huanchi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/bb437d73aabb0e91e667bfc701b25963/1674207688866

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD