Peneliti Israel kembangkan robot dengan indra penciuman

2023-01-18 18:10:50   来源:新华社

JUDUL: Peneliti Israel kembangkan robot dengan indra penciuman

DATELINE: 18 Januari 2023

DURASI: 00:02:00

LOKASI: Yerusalem

KATEGORI: TEKNOLOGI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Universitas Tel Aviv

2. Berbagai cuplikan robot penciuman

 

STORYLINE:

Peneliti Israel mengembangkan kemampuan penciuman untuk sebuah robot, menggunakan sensor biologis, kata Universitas Tel Aviv (Tel Aviv University/TAU) di Israel tengah pada Senin (16/1).

Ini pertama kalinya di dunia sebuah robot mampu mendeteksi bau di sekitarnya menggunakan biosensor, kata pihak TAU, seraya menambahkan bahwa robot itu bahkan mengirimkan sinyal listrik yang dapat diklasifikasikan menurut jenis baunya.

Dalam sejumlah eksperimen, para peneliti menghubungkan sensor biologis, yang dibuat berdasarkan antena belalang, ke sebuah sistem elektronik.

Dengan menggunakan algoritme pembelajaran mesin, mereka menyortir bau dengan sensitivitas 10.000 kali lebih tinggi dibandingkan berbagai perangkat elektronik yang ada.

Dengan demikian, sistem biohibrid baru tersebut mampu mengidentifikasi berbagai macam bau, seperti geranium, lemon, marzipan, dan bahkan beberapa jenis wiski Scotch, kemudian para peneliti mampu membuat, melalui pembelajaran mesin, sebuah "perpustakaan" bau.

Sistem tersebut bergabung dengan robot pendengaran, yang dikembangkan oleh tim itu sekitar dua tahun lalu, dengan kedua sistem tersebut kemungkinan mengarah pada perkembangan serupa yang terkait indra penglihatan dan peraba, menurut para peneliti.

Robot-robot yang dilengkapi sejumlah indra ini akan mampu melindungi kehidupan manusia dan mengidentifikasi banyak bahaya, seperti bahan peledak, obat-obatan, bencana alam, dan penyakit, kata mereka.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Yerusalem.

(XHTV)

【记者:Lyu Yingxu,Zhang Tianlang,Gil Cohen Magen 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/2bc4be85e020ccf7c833255356dd87af/1674036653546

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD