GLOBALink: Presiden Serbia sebut jalur kereta yang dibangun China akan revitalisasi ekonomi negaranya

2023-01-17 18:07:33   来源:新华社

   NOVI SAD, 16 Januari (Xinhua)-- Bagian Serbia dari Jalur Kereta Beograd-Budapest yang dibangun China akan terbukti sangat penting bagi perekonomian negara ini dan pembangunan daerah setelah rampung nanti, kata Presiden Serbia Aleksandar Vucic pada Sabtu (14/1).

   Vucic, yang didampingi oleh Menteri Konstruksi, Transportasi, dan Infrastruktur Serbia Goran Vesic serta Duta Besar China untuk Serbia Chen Bo, mengunjungi Desa Stepanovicevo, tempat bagian jalur kereta yang menghubungkan Novi Sad dan Subotica itu sedang dibangun.

   Vucic mengungkapkan pentingnya kereta cepat untuk mengembangkan industri, bisnis dan pariwisata, serta menarik para investor ke Serbia Utara.

   Vucic mengatakan bahwa jalur kereta ini "penting bagi kami karena pembangunan bagian utara negara kami, serta pariwisata di (kota-kota seperti) Palic, Topola ... dan kemajuan lebih lanjut semua permukiman di sepanjang rute."

   "Pembangunan Jalur Kereta Beograd-Budapest signifikan tidak hanya untuk pengembangan Serbia namun juga untuk peningkatan konektivitas antara wilayah ini dan bagian lainnya dari Eropa dan Asia," kata Chen, memuji signifikansi yang lebih luas dari proyek tersebut.

   Jalur Kereta Beograd-Budapest, yang membentang sepanjang sekitar 350 kilometer (km), adalah salah satu proyek unggulan dalam Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI) China di bagian Eropa ini, serta merupakan hasil dari pendalaman kerja sama antara China dan Negara-Negara Eropa Tengah dan Timur (Central and Eastern European Countries/CEEC).

   Seksi pertama dari jalur kereta tersebut di Serbia, sepanjang sekitar 75 km, yang membentang antara Beograd dan kota terbesar kedua di Serbia Novi Sad, sudah beroperasi pada Maret 2022, mengoperasikan kereta dengan kecepatan hingga 200 km per jam. Konstruksi seksi kedua dari jalur kereta itu sepanjang 108,1 km yang membentang antara Novi Sad dan Subotica dimulai pada November 2021.

 

   Diproduksi oleh Xinhua Global Service

【记者:Shi Zhongyu,Nei Maniya,Wang Wei 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/6774676a57fbb487e667bfc701b25963/1673950057500

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD