Kereta cepat yang hubungkan Hong Kong dan China Daratan kembali beroperasi

2023-01-16 17:47:30   来源:新华社

JUDUL: Kereta cepat yang hubungkan Hong Kong dan China Daratan kembali beroperasi

DATELINE: 15 Januari 2023

DURASI: 00:01:11

LOKASI: Guangzhou/Hong Kong, China

KATEGORI: TRANSPORTASI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan stasiun kereta cepat
2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): WANG, Penumpang

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): ZHONG, Penumpang

 

STORYLINE:

STANDUP (Bahasa Inggris): HUANG XITIAN, Koresponden Kantor Berita Xinhua

"Saat ini, saya berada di stasiun kereta cepat Kowloon Barat Hong Kong. Setelah penangguhan layanan selama hampir tiga tahun, Jalur Kereta Ekspres Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong seksi Hong Kong mulai beroperasi kembali hari ini."

Kereta cepat yang menghubungkan Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan China Daratan kembali dioperasikan pada Minggu (15/1) setelah penangguhan layanan hampir tiga tahun.

Pada pukul 07.03 waktu setempat, sebuah kereta cepat meninggalkan Stasiun Kowloon Barat Hong Kong menuju Shenzhen. Kereta itu menjadi kereta pertama yang kembali beroperasi sejak pandemi mengganggu layanan kereta peluru lintas batas.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): WANG, Penumpang

"Saya sangat senang. Baru saja saya naik taksi ke sini (ke Stasiun Kowloon Barat Hong Kong) dan sopir (taksi) mengatakan bahwa lebih cepat naik kereta peluru dari Hong Kong ke Shenzhen ketimbang dari rumah saya ke stasiun. Butuh waktu 30 menit untuk sampai ke stasiun ini, sementara hanya butuh waktu kurang dari 20 menit untuk sampai ke Shenzhen. Saya akan pergi ke Shanghai. Saya sangat senang, saya sangat menyukai Shanghai dan Beijing."
SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): ZHONG, Penumpang

"Saya sangat senang. Saya naik kereta peluru pertama di sini. Sangat nyaman. Ketika saya berada di kereta cepat, saya merasa seperti berada di kereta bawah tanah di Shenzhen. Dan prosedurnya juga sangat nyaman."

China Railway Guangzhou Group mengatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan rata-rata 38,5 pasang kereta cepat setiap harinya, yang beroperasi dari stasiun-stasiun di Guangzhou dan Shenzhen ke Stasiun Kowloon Barat Hong Kong pada tahap awal dimulainya kembali layanan tersebut.

Menurut perusahaan itu, di masa mendatang, mereka akan mengoptimalkan rencana operasional sesuai dengan arus penumpang dan mendorong pemulihan layanan kereta cepat lintas batas secara teratur.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Guangzhou/Hong Kong, China.

(XHTV)

【记者:Huang Qiantian,Liang Jiajun,Zhang Yichi,Xu Langxuan,Yan Yueqiao,Li Sijia 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/e4f362d4947b60bb68f5cbff68a3a7e8/1673862452563

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD