Ekonomi China pulih dengan cepat dari guncangan pandemi

2023-01-16 17:13:23   来源:新华社

JUDUL: Ekonomi China pulih dengan cepat dari guncangan pandemi

DATELINE: 15 Januari 2023

DURASI: 00:02:25

LOKASI: Beijing

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pemandangan di China

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): OKTAY F. TANRISEVER, Profesor Hubungan Internasional, Universitas Teknik Timur Tengah (Middle East Technical University), Turkiye

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): BILAL AHMAD, Spesialis kesehatan masyarakat Pakistan

4. SOUNDBITE 3 (Bahasa Mandarin): ZHANG XIQIANG, Wakil Presiden Eksekutif, Nestle S.A.

 

STORYLINE:

Ekonomi China sedang melepaskan diri dari bayang-bayang COVID-19.

Respons antivirus yang terus dioptimalkan di negara ini mendorong dimulainya kembali aktivitas kerja dan produksi.

Sejumlah sektor mulai dari pariwisata hingga jasa dan katering kembali ke tingkat sebelum pandemi.

Selama 40 hari arus mudik Festival Musim Semi yang sedang berlangsung, jumlah perjalanan penumpang diperkirakan akan melonjak 99,5 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi hampir 2,1 miliar, pulih 70,3 persen dari angka yang dicatat pada 2019.

Proyek-proyek utama di seluruh China kembali memulai konstruksi, dan banyak pabrik beroperasi dengan kecepatan penuh seiring pesanan yang mengalir masuk.

Mencatat inflasi ringan pada 2022, indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) China tumbuh 2 persen dari tahun sebelumnya, jauh di bawah target tahunan pemerintah sebesar 3 persen.

Perdagangan luar negeri masih menjadi kekuatan pendorong bagi pertumbuhan ekonomi.

Data resmi pada Jumat (13/1) menunjukkan bahwa nilai perdagangan luar negeri tahunan China mencapai rekor tertinggi pada 2022, dengan total perdagangan barang mencapai 42,07 triliun yuan (1 yuan = Rp2.241), naik 7,7 persen (yoy).

Berkat dukungan kebijakan kuat yang membantu mendorong vitalitas dalam investasi, konsumsi, dan perdagangan, momentum ekonomi China tetap tak tergoyahkan.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): OKTAY F. TANRISEVER, Profesor Hubungan Internasional, Universitas Teknik Timur Tengah (Middle East Technical University), Turkiye

"Saya kira ini akan berdampak positif pada ekonomi dunia karena hal ini meningkatkan perdagangan, meningkatkan pariwisata, dan meningkatkan interaksi dengan seluruh dunia."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): BILAL AHMAD, Spesialis kesehatan masyarakat Pakistan

"China merupakan pemain utama dalam ekonomi global, dan upayanya untuk menstabilkan ekonomi mereka serta mendukung perdagangan dan investasi global bermanfaat bagi negara lain."

Kalangan bisnis asing juga optimistis terkait prospek ekonomi China.

Menurut survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional (China Council for the Promotion of International Trade), lebih dari 99 persen perusahaan asing yang disurvei yakin dengan prospek ekonomi China pada 2023, dan 98,7 persen mengatakan mereka akan mempertahankan serta memperluas investasi mereka di China.

SOUNDBITE 3 (Bahasa Mandarin): ZHANG XIQIANG, Wakil Presiden Eksekutif, Nestle S.A.

"Kami sangat yakin pada lingkungan ekonomi dan lingkungan bisnis China. Nestle telah beroperasi di China selama 35 tahun. Kami telah banyak berinvestasi di pasar ini. Setelah tahun-tahun pandemi yang menantang, kami memperkirakan ekonomi China akan mengalami pemulihan yang kuat."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Beijing.

(XHTV)

【记者:Zhang Zhihuan,Li Zhenbei,Wang Huan,Jiang Jiang,Pan Lijun,Zhang Mocheng,Sun Qing,Cen Zhilian,Sun Qing 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/5a8ae3aa54f4d2e44d19003fa1c4912b/1673860406417

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD