Perusahaan tambang Swedia temukan deposit logam tanah jarang dalam jumlah terbesar di Eropa

2023-01-13 18:49:35   来源:新华社

JUDUL: Perusahaan tambang Swedia temukan deposit logam tanah jarang dalam jumlah terbesar di Eropa

DATELINE: 13 Januari 2023

DURASI: 00:01:14

LOKASI: Stockholm

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

 

1. Berbagai cuplikan animasi

2. Berbagai cuplikan konferensi pers

 

STORYLINE:

Deposit logam tanah jarang terbesar yang pernah diketahui di Eropa telah ditemukan di Swedia, demikian disampaikan perusahaan tambang milik pemerintah Swedia, LKAB, pada Kamis (12/1).

Ditemukan di sekitar tambang besi lama di dekat Kota Kiruna, Swedia utara, deposit logam tersebut ditemukan dalam jumlah lebih dari 1 juta ton, menurut perusahaan itu dalam sebuah rilis pers.

"Ini menjadi deposit logam tanah jarang terbesar yang pernah diketahui di belahan dunia kita, dan deposit tersebut bisa menjadi blok pembangun yang signifikan guna memproduksi bahan mentah penting yang sangat krusial dalam pelaksanaan transisi hijau," tutur Presiden sekaligus CEO Grup LKAB Jan Mostrom.

"Kami sudah berinvestasi besar-besaran untuk melangkah maju, dan menurut perkiraan kami, akan dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk menyelidiki deposit tersebut serta kondisi untuk menambangnya dengan cara yang menguntungkan dan berkelanjutan."

Menurut rilis pers, saat ini belum ada logam tanah jarang yang ditambang di Eropa, sementara permintaan diperkirakan akan meningkat lebih dari lima kali lipat pada 2030 sebagai akibat dari elektrifikasi. LKAB memperkirakan akan dibutuhkan waktu 10-15 tahun sebelum penambangan dapat dimulai.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Stockholm.

(XHTV)

【记者:Fu Yiming 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/f95ed264e53511fea32a172ed2a93d3c/1673606977651

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD