Kunjungan menteri keamanan Israel ke Masjid Al-Aqsa picu kemarahan warga Palestina

2023-01-04 15:09:03   来源:新华社

JUDUL: Kunjungan menteri keamanan Israel ke Masjid Al-Aqsa picu kemarahan warga Palestina

DATELINE: 4 Januari 2023

DURASI: 00:01:37

LOKASI: Yerusalem 

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Kompleks Masjid Al-Aqsa

2. Rekaman Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir mengunjungi Kompleks Masjid Al-Aqsa

3. Pemimpin oposisi Israel sekaligus mantan perdana menteri Yair Lapid

4. Berbagai cuplikan Itamar Ben-Gvir dilantik sebagai menteri keamanan nasional Israel

5. Berbagai cuplikan jalanan di Yerusalem

 

STORYLINE:

Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir pada Selasa (3/1) mengunjungi situs suci kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur, yang dikecam oleh pihak Palestina sebagai aksi provokasi.   

Kanal berita Kan TV yang dikelola pemerintah Israel menunjukkan foto-foto Ben-Gvir yang sedang berkeliling di kompleks Masjid Al-Aqsa dikawal oleh penjaga pribadi dan pasukan polisi. "Pemerintahan kami tidak akan menyerah pada ancaman Hamas," kata Ben-Gvir di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Kunjungan tersebut menyusul "pertemuan penilaian situasi dengan kepala polisi, komandan polisi Yerusalem dan kepala badan keamanan internal Shin Bet," menurut pernyataannya.   

Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam kunjungan tersebut, yang pertama oleh seorang menteri Israel dalam hampir lima tahun, sebagai "provokasi yang belum pernah terjadi sebelumnya," lapor Kan.   

Pada Senin (2/1), pemimpin oposisi Israel sekaligus mantan perdana menteri Yair Lapid memperingatkan bahwa kunjungan itu dapat memicu aksi kekerasan.

"Ini sebuah provokasi yang disengaja yang akan membahayakan nyawa dan menelan korban jiwa," kata Lapid dalam sebuah pernyataan.

Ben-Gvir, yang dikenal sebagai seorang ultranasionalis, dilantik sebagai menteri keamanan nasional Israel pekan lalu, seiring mulai menjabatnya pemerintah koalisi ekstrem kanan baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.   

Kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dikenal orang Yahudi sebagai Bukit Bait Suci, adalah situs suci bagi umat Islam dan Yahudi. Bagi umat Islam, kompleks tersebut dianggap sebagai situs tersuci ketiga yang terletak di dalam Kota Tua Yerusalem.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Yerusalem.

(XHTV)

【记者:Zhang Tianlang,Lyu Yingxu,Lin En 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/cfdd2f04a38c5cccc833255356dd87af/1672816146176

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD