Bandar Udara Internasional Pokhara di Nepal mulai beroperasi

2023-01-03 17:17:56   来源:新华社

JUDUL: Bandar Udara Internasional Pokhara di Nepal mulai beroperasi

DATELINE: 2 Januari 2023

DURASI: 00:00:54

LOKASI: Kathmandu

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pemandangan Bandar Udara Internasional Pokhara dari udara

2. Berbagai cuplikan upacara peresmian

3. Berbagai cuplikan penerbangan diberi penghormatan dengan meriam air

4. SOUNDBITE (Bahasa Nepal): PUSHPA KAMAL DAHAL, Perdana Menteri Nepal

5. Berbagai cuplikan para perwakilan berbicara

 

STORYLINE:

Saat Bandar Udara Internasional Pokhara, sebuah proyek kebanggaan nasional Nepal, diresmikan pada Minggu (1/1), Perdana Menteri (PM) Nepal Pushpa Kamal Dahal menekankan kontribusi bandara itu bagi pembangunan nasional dan regional.

Sebuah penerbangan Buddha Air yang mengangkut sang PM, yang juga dikenal sebagai Prachanda, diberi penghormatan dengan meriam air saat mendarat di bandara baru itu.

SOUNDBITE (Bahasa Nepal): PUSHPA KAMAL DAHAL, Perdana Menteri Nepal

"Dengan bandara ini, Pokhara menjadi pusat konektivitas dengan banyak negara. Tidak ada yang akan membantah kontribusi Bandar Udara Internasional Pokhara bagi pembangunan ekonomi distrik, kota metropolitan, maupun seluruh negeri, karena konektivitas meningkat dengan dibangunnya bandara ini."

Pokhara merupakan salah satu destinasi wisata populer di Nepal tengah.

Bandara Pokhara, yang merupakan fasilitas standar 4D, dikontrak dengan pinjaman dari Export-Import Bank of China (China EXIM Bank) oleh China CAMC Engineering Co., Ltd., sebuah perusahaan yang berafiliasi langsung dengan China National Machinery Industry Corporation yang termasuk dalam 500 perusahaan teratas di dunia. Pembangunan bandara tersebut dimulai pada Juli 2017.

Bandara baru di Pokhara itu, yang merupakan bandara internasional ketiga di Nepal, dirancang dan dibangun berdasarkan standar China dan ICAO, serta menjadi contoh yang baik dari kerja sama China dan Nepal di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, kata Wang Xin, Kuasa Usaha Kedutaan Besar China di Nepal.

Wang menggambarkan proyek tersebut sebagai salah satu proyek yang menunjukkan upaya China meningkatkan kualitas dalam konstruksi proyek, serta menjadi kebanggaan nasional Nepal.

Merujuk pada peresmian bandara baru itu, pembukaan kembali perbatasan antara Nepal dan China baru-baru ini serta dimulainya pekerjaan survei di jalur kereta lintas batas, Prachanda mengatakan, "Proyek-proyek besar sedang dimulai dengan dukungan China."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kathmandu.

(XHTV)

【记者:Yi Aijun 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/2006e2288a5139e9e667bfc701b25963/1672737481744

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD