Pejabat Malaysia sebut ECRL bantu jaga momentum ekonomi

2023-01-02 14:56:14   来源:新华社

JUDUL: Pejabat Malaysia sebut ECRL bantu jaga momentum ekonomi 

DATELINE: 1 Januari 2023

DURASI: 00:02:22

LOKASI: Kuala Lumpur

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pembangunan East Coast Rail Link (ECRL)

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): ANTHONY LOKE SIEW FOOK, Menteri Transportasi Malaysia

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): ANTHONY LOKE SIEW FOOK, Menteri Transportasi Malaysia

 

STORYLINE:

Keberhasilan pembangunan proyek East Coast Rail Link (ECRL) yang sedang berlangsung telah membantu Malaysia mempertahankan momentum di sektor-sektor ekonomi utama, demikian disampaikan Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Siew Fook.

Dibangun oleh China Communications Construction Company, ECRL merupakan megaproyek jalur kereta di Malaysia.

Loke menjelaskan bahwa skala proyek yang sangat besar akan memiliki efek trickle-down (menetes ke bawah) dengan sebagian proyek dikerjakan oleh sejumlah perusahaan Malaysia.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): ANTHONY LOKE SIEW FOOK, Menteri Transportasi Malaysia

"Ada partisipasi lokal dalam pembangunan proyek ini. Jadi ketika proyek ini berjalan, khususnya di masa lockdown COVID-19, pasti dapat membantu sektor konstruksi kita."

Proyek ECRL sepanjang 665 km itu dikembangkan bersama oleh Malaysia Rail Link, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Kementerian Keuangan Malaysia dan pemilik proyek ECRL.

Mengomentari kepentingan strategis ECRL, Loke mengatakan infrastruktur jalur kereta itu akan menjadi jembatan penghubung yang penting antara pesisir barat Malaysia yang sangat berkembang dengan daerah pesisir timur yang kurang berkembang.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): ANTHONY LOKE SIEW FOOK, Menteri Transportasi Malaysia

"Kita harus melihatnya dari sisi strategis, ketika ada industri yang berbasis di daerah pesisir timur dan dengan adanya ECRL ini, produk dapat diangkut oleh ECRL menuju Pelabuhan Klang. Seperti yang Anda ketahui, Pelabuhan Klang merupakan pelabuhan utama kami di Malaysia. Dengan menghubungkan ECRL ke pelabuhan utama Malaysia itu, tentunya, menurut saya ini adalah poin plus bagi kawasan industri mana pun di sepanjang jalur ECRL.

Kami ingin membawa lebih banyak industri ke pesisir timur dan dengan adanya lebih banyak kawasan industri, tentunya kami berharap akan ada lebih banyak pembangunan ekonomi di sepanjang jalur ECRL. Ketika jaringan transportasi sudah tersedia, maka tentunya kami berharap akan membawa lebih banyak limpahan ekonomi ke negara-negara bagian tersebut.

Terkait pemerintah Malaysia, kami memiliki banyak proyek infrastruktur besar yang dikerjakan oleh perusahaan China. Dan, tentu saja, mereka memainkan peran penting dalam proyek semacam itu. Dan ke depannya, saya memperkirakan akan ada lebih banyak partisipasi dari perusahaan China."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kuala Lumpur.

(XHTV)

【记者:Jonathan Edward,Leong Huey Mun,Zul Iskandar,Zhu Wei 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/6a27697e9a80c77973b56e1684af3eb1/1672642577373

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD