Ekonom sebut RCEP akan jadi stimulus utama bagi pemulihan ekonomi global dan regional

2022-12-29 16:17:12   来源:新华社

JUDUL: Ekonom sebut RCEP akan jadi stimulus utama bagi pemulihan ekonomi global dan regional

DATELINE: 28 Desember 2022

DURASI: 00:02:44

LOKASI: Jakarta

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pelabuhan

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): FITHRA FAISAL, Ekonom, Direktur eksekutif, Next Policy

3. Berbagai cuplikan infrastruktur

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): FITHRA FAISAL, Ekonom, Direktur eksekutif, Next Policy

 

STORYLINE:

Seorang ekonom Indonesia mengatakan bahwa Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) akan menjadi stimulus utama bagi pemulihan ekonomi global dan regional.

Fithra Faisal, ekonom sekaligus direktur eksekutif wadah pemikir independen Next Policy, mengatakan bahwa RCEP dan berbagai inisiatif yang diusulkan China, seperti Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra, bermanfaat bagi pertumbuhan global.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): FITHRA FAISAL, Ekonom, Direktur eksekutif, Next Policy

"Saat ini, kita melihat bahwa RCEP merupakan kerja sama perdagangan dan ekonomi terbesar di dunia. Ini benar-benar akan menjadi stimulus besar dalam pemulihan ekonomi global dan regional. Ketika kita terlibat lebih dalam, ketika kita lebih banyak berkolaborasi, kita dapat benar-benar berkembang bersama.

Kini kita menyaksikan China sedang berupaya membangun Jalur Sutra Maritim. Jalur Sutra Maritim itu sendiri juga dapat bermanfaat, bukan hanya bagi China, namun juga bagi negara-negara yang terlibat dalam inisiatif ini. Kita dapat melihat pertumbuhan infrastruktur. Kita juga dapat melihat potensi pertumbuhan ekonomi dan juga perdagangan serta berbagai pertumbuhan lainnya, salah satunya adalah investasi dan juga keseluruhan ekosistem untuk perekonomian.

Ke depannya, Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra ini, Jalur Sutra Maritim (Abad ke-21) benar-benar akan menjadi penyeimbang utama dunia ketika kita melihat saat ini dunia sedang mengalami disintegrasi. Kita tidak melihat globalisasi, tetapi deglobalisasi. Jadi, dengan sungguh-sungguh mendorong inisiatif ini bersama inisiatif lainnya, ini benar-benar akan semakin mendorong pertumbuhan regional. Dan kita akan menjadi kekuatan utama dunia.

Mengambil Indonesia sebagai contoh, ekonom itu mengatakan bahwa negara ini memiliki hubungan ekonomi yang kuat dengan China, yang menguntungkan kedua negara.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): FITHRA FAISAL, Ekonom, Direktur eksekutif, Next Policy

"Kami memiliki hubungan ekonomi yang lebih kuat selama bertahun-tahun. Kami berharap dalam waktu dekat, hubungan ekonomi ini akan semakin berkembang. Kami memiliki beberapa proyek infrastruktur yang sedang berjalan. Kami juga memiliki investasi dan keterlibatan China dengan kemungkinan kami mendorong kendaraan listrik, baterai, nikel, dan sebagainya. Jadi, ini sungguh sangat menjanjikan di masa depan. Ini semacam hubungan timbal balik."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Jakarta.

(XHTV)

【记者:Sun Lei,Gu Lu,Wa Yang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/494af53e9c749d60e667bfc701b25963/1672301835077

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD