The Fed AS naikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 15 tahun

2022-12-16 17:57:54   来源:新华社

JUDUL: The Fed AS naikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 15 tahun

DATELINE: 15 Desember 2022

DURASI: 00:01:41

LOKASI: Washington DC

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell memberi sambutan pembukaan saat menghadiri konferensi pers pada Rabu (14/12)

2. Berbagai cuplikan bagian luar gedung The Fed

 

STORYLINE:

 

Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed), pada Rabu (14/12), menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 15 tahun, menandakan bahwa perjuangan bank sentral tersebut dalam melawan inflasi masih jauh dari kata selesai.

Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee) memutuskan untuk menaikkan suku bunga pinjaman semalam (overnight) sebesar setengah poin persentase, melanjutkan siklus kenaikan suku bunga paling agresif dalam 40 tahun.

Namun, kenaikan setengah poin itu lebih kecil dari empat kenaikan suku bunga terakhir, yaitu kenaikan 0,75 poin.

Langkah itu memunculkan pertanyaan apakah The Fed akan menaikkan suku bunga dengan jumlah yang lebih kecil untuk ke depannya, jika bank sentral itu terus menempuh jalur yang sama.

Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan tajam menyusul berita tersebut, anjlok hampir 500 poin tepat setelah pengumuman pada sore itu, tetapi kemudian mencatatkan rebound tipis.

Perekonomian AS memang diterpa oleh inflasi terburuk sejak awal 1980-an, yang memicu langkah agresif dari bank sentral tersebut.

Kenaikan tersebut meningkatkan risiko yang dapat menyebabkan resesi, dan banyak ekonom memprediksi terjadinya penurunan perekonomian ringan pada paruh kedua tahun depan.

Inflasi yang terus membayangi, ditunjukkan oleh indeks harga konsumen (consumer price index /CPI) pada Selasa (13/12), menunjukkan bahwa harga pangan terus meningkat, membebani dompet jutaan keluarga yang berjuang untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Harga pangan, yang sudah mencapai rekor tertinggi, naik 0,5 persen pada November dari bulan sebelumnya. Harga pangan melesat naik 10,6 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Biaya bahan bakar juga turun dari level tinggi sebelumnya, meskipun masih jauh lebih tinggi dibandingkan sebelum krisis inflasi.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Washington DC.

(XHTV)

【记者:Hu Yousong,Matthew Rusling 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/9cde6eb8275945ef68f5cbff68a3a7e8/1671184676479

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD