Pejabat Malaysia sebut RCEP bantu tingkatkan kerja sama ekonomi China-Malaysia

2022-12-16 15:01:18   来源:新华社

JUDUL: Pejabat Malaysia sebut RCEP bantu tingkatkan kerja sama ekonomi China-Malaysia

DATELINE: 16 Desember 2022

DURASI: 00:03:28

LOKASI: Kuala Lumpur

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Konferensi Wirausahawan Malaysia-China (Malaysia-China Entrepreneurs Conference/MCEC) ke-12

2. Cuplikan Duta Besar China untuk Malaysia Ouyang Yujing menyampaikan pidato

3. Cuplikan Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Siew Fook menyampaikan pidato

4. Berbagai cuplikan tamu yang menghadiri upacara pembukaan konferensi

5. Cuplikan Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Siew Fook melakukan wawancara media

 

STORYLINE:

Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) akan menyaksikan peningkatan dalam kerja sama ekonomi antara China dan Malaysia, demikian disampaikan oleh seorang pejabat Malaysia pada Kamis (15/12).

Kerja sama antara kedua negara di berbagai sektor akan mendorong industri dalam negeri dan menjadi pertanda yang baik bagi perdagangan dan investasi bilateral, kata Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Siew Fook dalam pidato pembukaannya pada Konferensi Wirausahawan Malaysia-China (Malaysia-China Entrepreneurs Conference/MCEC) ke-12.

Loke juga mengatakan bahwa East Coast Rail Link (ECRL), sebuah megaproyek jalur kereta di Malaysia, merupakan contoh utama kerja sama antara kedua negara dalam bidang perkeretaapian yang diproyeksikan akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di beberapa wilayah negara tersebut.

"Saya yakin ECRL akan berperan sebagai katalisator bagi pertumbuhan ekonomi, baik di Pesisir Timur maupun Pesisir Barat, sehingga dapat memacu pembangunan infrastruktur di kawasan Pesisir Timur," imbuhnya.

Loke pun menambahkan bahwa negara itu akan berupaya untuk memastikan sektor transportasinya, terutama sektor penerbangan, bersiap menghadapi peremajaan industri pariwisata dan meningkatnya perjalanan bisnis dari China.

Dalam pidatonya, Duta Besar China untuk Malaysia Ouyang Yujing mengatakan hubungan kedua negara tetap kokoh terlepas dari perubahan-perubahan dalam situasi internasional, termasuk pandemi, dan kerja sama bilateral telah mencapai hasil yang luar biasa.

"Sikap saling percaya yang strategis antara kedua negara makin dalam, bidang kerja sama makin diperluas, pertukaran antarmasyarakat dan budaya secara bertahap dilanjutkan kembali, serta persahabatan antara kedua bangsa makin kuat," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa China diperkirakan akan menjadi mitra dagang terbesar Malaysia selama 14 tahun berturut-turut dan RCEP akan dapat mendorong perkembangan yang sehat ini.

Digelar oleh Kamar Dagang Malaysia-China (Malaysia-China Chamber of Commerce/MCCC), MCEC tahun ini mempertemukan berbagai pemangku kepentingan guna meninjau perkembangan ekonomi terkini dengan berfokus pada RCEP dan pembangunan regional. 

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kuala Lumpur.

(XHTV)

【记者:Jonathan Edward,Wang Yi,Liang Huiwen,Zu Er 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/f687bf3061ca61bba88587df2a24f820/1671174080999

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD