GLOBALink: Akademisi sebut modernisasi China tawarkan model alternatif bagi negara berkembang lainnya

2022-12-01 17:33:40   来源:新华社

   NEW YORK CITY, 30 November (Xinhua) -- Jalur modernisasi China menawarkan model alternatif bagi negara-negara Global South untuk mengejar modernisasi yang selaras dengan realitas mereka sendiri, demikian disampaikan seorang akademisi.

   China menganut "jalur pragmatis" serta mencapai transformasi industri dan sosial tanpa kolonisasi, imperialisme, atau mengeksploitasi negara lain, kata John Pang, senior fellow di Bard College yang berbasis di New York, kepada Xinhua.

   Sembari belajar dari pengalaman Barat, China menyelaraskan jalurnya dengan sejarah dan budayanya sendiri, ujar Pang.

   "Ini menjadi model bagi negara-negara lain untuk maju dengan menyelaraskan dan memahami sejarah mereka sendiri, termasuk sejarah ekonomi politik mereka," lanjutnya.

   "Ini benar-benar menggulingkan teori, yang merupakan semacam paradigma ilmu sosial pada abad ke-20 dan awal abad ke-21, yaitu hipotesis konvergensi modernisasi dan bahwa semua modernisasi mengarah pada satu model saja," jelas Pang.

   Ini merupakan pemisahan dari jalur neoliberalisme, yang sebenarnya gagal, tambahnya.

   Jalur neoliberalisme "memberikan ilusi ini bahwa ada jalan menuju kemakmuran bagi Global South. Faktanya, itu hanyalah sebuah ilusi. Tangganya tidak ada, atau tangganya ditarik jika Anda naik beberapa langkah, seperti yang dirasakan negara-negara Asia Tenggara pada 1997, saat terjadi krisis keuangan Asia," urai Pang.

   "Jalur China menunjukkan bahwa pemerintah memainkan peranan kunci dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata, bahwa ekonomi perlu dikelola untuk rakyat, bahwa ada cara untuk maju saat menggunakan pasar," paparnya.

   Jalur modernisasi China disorot dalam laporan untuk Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20 yang diadakan bulan lalu, kata akademisi itu.

   Dalam rencana strategis dua langkah, CPC pada dasarnya menargetkan untuk mewujudkan modernisasi sosialis mulai 2020 hingga 2035, dan membangun China menjadi negara sosialis modern yang sejahtera, kuat, demokratis, maju secara budaya, harmonis, dan indah mulai 2035 hingga pertengahan abad ini.

   Jalur modernisasi China setidaknya menjadi inspirasi bagi negara-negara lain, ujar Pang.

 

   Diproduksi oleh Layanan Global Xinhua

【记者:Liu Yanan,Zhang Mocheng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/ea00101aba839f3fa88587df2a24f820/1669887223183

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD