30 tahun berlalu, China melangkah maju dalam eksplorasi luar angkasa

2022-11-29 19:32:35   来源:新华社

JUDUL: 30 tahun berlalu, China melangkah maju dalam eksplorasi luar angkasa

DATELINE: 29 November 2022

DURASI: 00:02:46

LOKASI: JIUQUAN, China

KATEGORI: ILMU PENGETAHUAN/TEKNOLOGI

 

SHOTLIST: 

1. Berbagai cuplikan program antariksa berawak China

2. SOUNDBITE (Bahasa Mandarin): SHEN TINGZHENG, Ilmuwan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan

 

STORYLINE: 

China meluncurkan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-15 pada Selasa (29/11) dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut.

Peluncuran tersebut merupakan misi penerbangan keenam dari program penerbangan antariksa berawak China pada tahun ini dan yang terakhir dalam fase konstruksi stasiun luar angkasa China.

Merampungkan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong adalah tujuan akhir dari program luar angkasa manusia "tiga langkah" China yang dimulai 30 tahun lalu.

Shen Tingzheng, seorang ilmuwan yang telah menyaksikan peluncuran semua misi antariksa berawak China, berbicara tentang beberapa momen paling tak terlupakan dalam kariernya.

SOUNDBITE (Bahasa Mandarin): SHEN TINGZHENG, Ilmuwan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan

"Saya telah menyaksikan seluruh 14 peluncuran sebelumnya, dan kami telah melakukan lompatan yang sangat cepat. Bagi saya, salah satu momen yang paling tak terlupakan adalah ketika kami mengirim Yang Liwei, penjelajah luar angkasa pertama China, ke orbit dengan menggunakan pesawat luar angkasa Shenzhou-5 pada 2003. Semua upaya yang kami lakukan ditujukan untuk tujuan itu. Satu hal lagi yang tak terlupakan adalah ketika astronaut Zhai Zhigang menjadi space walker pertama China. Astronaut kami telah melakukan perjalanan ke luar angkasa dan berjalan di luar angkasa.

Tahun ini menandai peringatan 30 tahun implementasi program antariksa berawak China. Di tahun ini juga, pencapaian besar telah diwujudkan dalam pembangunan stasiun luar angkasa China. Kita telah menyaksikan kemajuan program antariksa China, yang sangat membuat kami bangga.

Kami juga telah mengatasi berbagai kondisi cuaca ekstrem seperti suhu rendah dan badai salju. Kami telah menempuh perjalanan panjang, selangkah demi selangkah.

Saya pikir yang membuat kita terus maju adalah keuletan, kemandirian, dan kerja keras.

Saya telah bekerja di pusat tersebut selama 24 tahun, dan saya telah melihat generasi yang lebih tua mendedikasikan diri mereka tanpa pamrih di tempat ini, yang sangat membuat saya tersentuh, dan mengilhami saya untuk bergabung dalam usaha mereka.

Ketika saya masih kecil, saya sangat ingin tahu tentang luar angkasa saat melihat ke langit berbintang. Saya selalu ingin pergi ke sana, tetapi saya tidak memiliki kesempatan. Setelah datang ke pusat ini, saya telah berpartisipasi dalam program antariksa berawak China dan menyaksikan perkembangan program antariksa China. Terutama ketika kami mengirim pesawat luar angkasa dan astronaut China ke luar angkasa, saya merasa seperti bersama mereka, yang membuat saya sangat bangga."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Jiuquan, China.

(XHTV)

【记者:Ye Ziyan,Zou Jianpu,Mei Yuanlong,Li Yaguang,Xu Yang,Zheng Yi,Wang Ruilin,Yang Zhenhua 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/62fa37dc973778b6f17a541bb5900b47/1669721558247

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD