Pameran perdagangan perkuat kerja sama win-win antara China dan negara-negara Asia Selatan

2022-11-23 15:05:20   来源:新华社

JUDUL: Pameran perdagangan perkuat kerja sama win-win antara China dan negara-negara Asia Selatan

DATELINE: 22 November 2022

DURASI: 00:02:21

LOKASI: KUNMING, China

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan suasana Pameran China-Asia Selatan (China-South Asia Exposition) keenam serta Pameran Impor dan Ekspor Kunming China (China Kunming Import and Export Fair) ke-26

2. Berbagai cuplikan para peserta pameran

3. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): CHEN SHUMEI, Peserta pameran

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): IQBAL AHMEDDAR, Peserta pameran

 

STORYLINE:

Pameran China-Asia Selatan (China-South Asia Exposition) keenam serta Pameran Impor dan Ekspor Kunming China (China Kunming Import and Export Fair) ke-26 ditutup di Kunming, ibu kota Provinsi Yunnan, China barat daya, pada Selasa (22/11).

Mengusung tema "Peluang Baru untuk Pembangunan Baru" (New Opportunities for New Development), pameran secara daring dan luring selama empat hari tersebut berhasil menarik peserta pameran dari 80 negara, kawasan, dan organisasi internasional.

Dengan area seluas lebih dari 130.000 meter persegi, pameran tersebut menjadi platform bagi kerja sama ekonomi dan perdagangan serta pertukaran antarmasyarakat.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): CHEN SHUMEI, Peserta pameran

"Ini adalah Paviliun Laos, yang memajang produk-produk pertanian khusus dari Laos. Ini adalah beras Laos, beras organik. Beras ini sebagian besar menggunakan kotoran hewan dan abu tanaman sebagai pupuk.

Ketika Jalur Kereta China-Laos pertama mulai beroperasi tahun lalu, beras kami diangkut ke China menggunakan kereta. Biayanya lebih murah daripada transportasi mobil. Selain itu, transportasi kereta dapat menjamin waktu kedatangan terlepas dari kondisi cuaca. Sangat nyaman bagi kami untuk berbisnis.

(Pameran ini) memberi sebuah platform kepada kami untuk memperkenalkan budaya dan produk Laos, dan memberikan kesempatan kepada para pengimpor untuk berkomunikasi dan mendorong perdagangan.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): IQBAL AHMEDDAR, Peserta pameran

"Nama saya Iqbal, dan saya berasal dari Pakistan. Kami telah berbisnis di China selama lebih dari 10 tahun.

Produk istimewa kami adalah kulit asli. Selain itu, kami memiliki beberapa kerajinan tangan dari Pakistan, seperti kerajinan tangan dari batu, kerajinan tangan dari kuningan, dan kami juga memiliki beberapa karpet.

Karena persahabatan kami (antara dua negara), saya memutuskan untuk berbisnis di China. Masyarakat China sangat ramah kepada warga Pakistan dan kami memiliki sejarah persahabatan yang panjang. China sudah seperti rumah kedua saya dan saya senang tinggal di China dan kami menikmati berbisnis di China."

Sejak edisi pertama pameran digelar pada 2013 lalu, sebanyak 89 negara, kawasan, dan organisasi internasional telah berpartisipasi dalam pameran tersebut, sementara 2.770 proyek dalam dan luar negeri telah ditandatangani.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kunming, China.

(XHTV)

【记者:Ceng Wei,Sun Min,Wang Anhaowei 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/0520282c44608ae768f5cbff68a3a7e8/1669187122881

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD