Arsitek Indonesia saksikan perkembangan pesat China selama satu dekade terakhir

2022-11-21 10:03:22   来源:新华社

JUDUL: Arsitek Indonesia saksikan perkembangan pesat China selama satu dekade terakhir

DATELINE: 20 November 2022

DURASI: 00:03:04

LOKASI: NANJING, China

KATEGORI: BUDAYA/HIBURAN

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pemandangan kota

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

4. SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

5. SOUNDBITE 4 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

6. SOUNDBITE 5 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

 

STORYLINE:

Arsitek Indonesia Mia Tedjosaputro mengamati perubahan besar di China selama sepuluh tahun terakhir. Wanita itu berharap kerja sama antara China dan Indonesia dapat mendorong kesejahteraan lebih banyak orang.

Mia adalah assistant professor di Xi'an Jiaotong-Liverpool University (XJTLU). Dia telah berdomisili di China selama hampir sepuluh tahun, yang digambarkannya sebagai negara besar, beragam, dan nyaman.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

"Nama saya Mia. Nama lengkap saya Mia Tedjosaputro. Saya warga negara Indonesia dan telah tinggal di China selama sembilan setengah tahun terakhir. Saat ini, jabatan saya adalah assistant professor di Xi'an Jiaotong-Liverpool University dan saya bekerja di jurusan arsitektur. Saya datang ke China pada Februari 2013. Saya menyaksikan perkembangan pesat di China. Saya melihat perkembangan besar dan transformasi perkotaan di China, dan pada saat yang sama, saya benar-benar mendapat manfaat dari perkembangan itu."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

"Sebenarnya, saya mulai tertarik dengan bambu tiga tahun yang lalu karena jenis aspek iklim yang dimilikinya. Karena saya berasal dari Indonesia, sebagai arsitek Indonesia dan tinggal di China, saya pikir bambu berlimpah di kedua negara ini. Itu alasan saya mulai mengembangkan bidang pengajaran dan penelitian berdasarkan pemikiran tersebut. Sebagai seorang arsitek, kami adalah pembuat perubahan. Jika kami dapat mendidik generasi arsitek muda kita untuk benar-benar mulai memikirkan situasi darurat iklim ini, maka itu akan menjadi hal yang bermanfaat bagi planet ini juga."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

"Dalam hal penelitian saat ini, jelas saya ingin lebih mendalami bambu, khususnya bambu dan cara penggunaannya, serta mengubahnya menjadi bahan konstruksi yang menjadi agenda saya sekarang. Itu fokus penelitian saya di XJTLU. Saya ingin melihat ini berkembang dan tentu saja ingin melihat hasilnya. Saya rasa pasar di China masih berkembang dalam hal desain bambu."

SOUNDBITE 4 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

"Menurut saya, bukan hanya hubungan ekonomi antara China dan Indonesia, apalagi China jelas memainkan peran vital dalam perekonomian Indonesia sebagai salah satu investor terbesar di Indonesia. Saya telah melihat banyak perusahaan baru Indonesia yang juga ingin memulai bisnis di China."

SOUNDBITE 5 (Bahasa Inggris): MIA TEDJOSAPUTRO, Arsitek Indonesia

"Saya berharap kerja sama di masa depan antara China dan Indonesia dapat membuahkan tidak hanya persahabatan, tetapi juga mempererat hubungan dalam perdagangan ekonomi, namun yang terpenting untuk kesejahteraan rakyat."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Nanjing, China.

(XHTV)

【记者:Xia Peng,Zhu Xiao 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/581054280b6f9151a88587df2a24f820/1668996205832

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD