Mahasiswi Thailand ingin bawa pengobatan tradisional China ke tanah airnya

2022-11-19 14:12:09   来源:新华社

JUDUL: Mahasiswi Thailand ingin bawa pengobatan tradisional China ke tanah airnya

DATELINE: 18 November 2022

DURASI: 00:01:37

LOKASI: SHENYANG, China

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Sirinpun Yantarat saat mengikuti kelas

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): SIRINPUN YANTARAT, Mahasiswi asal Thailand di Universitas Pengobatan Tradisional China Liaonin

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIU JINGFENG, Dekan Perguruan Tinggi Pendidikan Internasional, Universitas Pengobatan Tradisional China Liaoning

 

STORYLINE:

Sirinpun Yantarat merupakan mahasiswi asal Thailand di Universitas Pengobatan Tradisional China Liaoning di Provinsi Liaoning, China timur laut.

Mahasiswi itu memilih untuk mempelajari pengobatan tradisional China (traditional Chinese medicine/TCM) setelah TCM menyembuhkan sinusitisnya dan menarik minatnya. 

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): SIRINPUN YANTARAT, Mahasiswi asal Thailand di Universitas Pengobatan Tradisional China Liaoning

"Nama Mandarin saya adalah Wang Lihua, dan saya berasal dari Thailand. Saya mengambil jurusan TCM klinis. Sepuluh tahun yang lalu, saya menderita sinusitis parah, dan pengobatan medis Barat tidak bisa mengobatinya. Kemudian, teman saya merekomendasikan akupunktur kepada saya. Saya menjalani pengobatan tersebut selama beberapa kali dengan hasil yang sangat memuaskan. Gejala sinusitis saya banyak berkurang.

Kemudian, lima tahun yang lalu, saya datang ke Universitas Pengobatan Tradisional China Liaoning untuk mempelajari TCM. Pelajaran ini sangat sulit, tetapi saya belajar dengan giat. Saya ingin membawa pengetahuan, kesehatan, dan kebahagiaan dari pengobatan China untuk masyarakat Thailand." 

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIU JINGFENG, Dekan Perguruan Tinggi Pendidikan Internasional, Universitas Pengobatan Tradisional China Liaoning

"Wang Lihua (Sirinpun Yantarat) adalah mahasiswa internasional yang berprestasi di universitas ini. Dia menjadi tertarik dengan TCM setelah menjalani pengobatan TCM. Dia mempelajari bahasa Mandarin dan TCM di universitas ini selama lima tahun. Selama proses tersebut, dia berhasil mengatasi berbagai kesulitan, seperti perbedaan bahasa dan budaya, serta mencapai prestasi akademik yang sangat baik."

Sirinpun berencana membuka klinik amal TCM di Thailand setelah lulus dari universitas itu dan menggunakan TCM untuk membantu lebih banyak orang.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Shenyang, China.

(XHTV)

【记者:Sun Renbin,Han He,Cui Shihao,Hong Kerun,Huang Zechen 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/d715b18615f5c657a88587df2a24f820/1668838331794

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD