GLOBALink: Proposal China tentang kerja sama dan pembangunan global pada KTT G20 raih dukungan dunia

2022-11-17 21:03:48   来源:新华社

*** Highlight:

Usulan China tentang kerja sama dan pembangunan global pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-17 yang baru saja ditutup di pulau dewata Bali, telah menarik minat para ahli dan akademisi dari seluruh dunia. #GLOBALink #G20

*** Subtitle & Soundbite:

China menyerukan tindakan kolektif dan kerja sama yang erat untuk membuat pembangunan global lebih inklusif, bermanfaat bagi semua, dan lebih tangguh, serta menekankan pentingnya upaya bersama untuk membuka hambatan dalam rantai industri dan rantai pasokan, serta menstabilkan harga pasar demi mengatasi krisis pangan dan energi pada KTT G20 ke-17 yang baru saja ditutup di pulau resor Bali.

Proposal tersebut telah menarik minat para ahli dan akademisi dari seluruh dunia.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): JEFFREY SACHS, Direktur, Pusat Pembangunan Berkelanjutan, Universitas Columbia

"G20 merupakan satu-satunya lembaga terpenting yang kita miliki dalam sisi pembiayaan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan karena forum ini menyatukan negara-negara berpenghasilan tinggi dan sejumlah perekonomian utama dari dunia berkembang. Kelompok ini merupakan pengelompokan yang sangat kuat dan penting. Saya pikir peran China sangat krusial, sangat konstruktif. Saya telah menjadi pendukung kuat Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra sejak awal."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): SELCUK COLAKOGLU, Direktur, Pusat Studi Asia-Pasifik Turki

"Hari ini, G20 bersinar sebagai forum internasional terkemuka yang menyatukan para kepala negara atau kepala pemerintahan dari semua kekuatan ekonomi dan politik terkemuka dalam urusan global kontemporer secara rutin guna menghasilkan rencana aksi bersama secara efektif.

Semua prinsip ini, yaitu saling menghormati dan berunding, koeksistensi damai, dan kerja sama saling menguntungkan, inklusivitas, dan konektivitas yang diangkat serta didukung oleh China merupakan kunci untuk mencapai tata kelola global yang efisien dalam kerangka kerja multilateral. Saat ini, China telah bertindak sebagai pemain global yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kerja sama multilateral dan globalisasi."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): STEPHEN NDEGWA, Dosen Hubungan Internasional, United States International University (USIU-Africa)

"China telah mampu membuktikan bahwa mereka membantu dunia untuk bersatu sehingga setiap negara memiliki andil dalam pembangunan dunia, setiap negara menginginkan perdamaian untuk berkembang sehingga setiap negara akan mendapatkan manfaat yang diperoleh dari status quo, ketimbang mengurusi kepentingan sendiri, yang jelas hanya akan memecah belah alih-alih menyatukan kita."

【记者:Li Guangzheng,Sun Lei,Yang Yunqi,Lin Ning,Zou Xuemian,Li Zhenbei,Wang Feng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/2505be264b03ee4ee667bfc701b25963/1668690231218

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD