Pengamat sebut pidato Presiden China di KTT G20 bangkitkan semangat

2022-11-17 08:35:16   来源:新华社

JUDUL: Pengamat sebut pidato Presiden China di KTT G20 bangkitkan semangat

DATELINE: 16 November 2022

DURASI: 00:02:02

LOKASI: Jakarta

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Bali

2. Berbagai cuplikan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok 20 (G20) ke-17

3. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): SELCUK COLAKOGLU, Direktur Pusat Kajian Asia Pasifik Turki

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): CHRISTINE SUSANNA TJHIN, Direktur Riset Strategis, Institut Gentala di Indonesia

5. SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): BRYANT TJAHJONO GOZALI, CEO PT Bolong Media Indonesia

6. Berbagai cuplikan pembangunan di China

 

STORYLINE:

Presiden China Xi Jinping pada Selasa (15/11) menyampaikan pidato bertajuk "Bekerja Bersama untuk Menjawab Tantangan Zaman dan Membangun Masa Depan yang Lebih Baik" (Working Together to Meet the Challenges of Our Times and Build a Better Future) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelompok 20 (G20) ke-17 di Bali.

Para pakar dan pengamat memuji pidato Xi, dengan mengatakan bahwa pidato tersebut disampaikan pada waktu yang tepat dan sangat penting untuk pembangunan global.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): SELCUK COLAKOGLU, Direktur Pusat Kajian Asia Pasifik Turki

"Presiden China Xi Jinping mengajukan proposal yang berisi tiga poin dalam pidatonya di KTT G20 Bali. Dia menggarisbawahi perlunya mempromosikan pembangunan global yang lebih inklusif, bermanfaat secara universal, dan tangguh. Proposal tiga poin Presiden Xi Jinping datang pada waktu yang sangat tepat dan penting untuk mendukung pembangunan global ke jalurnya. Jika tidak, ekonomi global dan komunitas internasional akan semakin menderita akibat berbagai tantangan global di tahun-tahun mendatang."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): CHRISTINE SUSANNA TJHIN, Direktur Riset Strategis, Institut Gentala di Indonesia

"Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan Presiden Xi Jinping tentang pentingnya untuk memiliki ketahanan pangan dan energi di panggung global saat ini. Karena banyak negara yang menderita kelangkaan pangan dan juga tingginya harga energi yang sangat berdampak pada kehidupan masyarakat."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): BRYANT TJAHJONO GOZALI, CEO PT Bolong Media Indonesia

"Semua yang beliau sampaikan sebelumnya sangat benar dengan apa yang ingin kita lakukan dalam KTT G20 ini. Beliau sering mengatakan tentang membangun masa depan bersama untuk menciptakan struktur ekonomi yang sangat fundamental dan sangat stabil. Jadi saya pikir ini adalah hal-hal yang sangat mengejutkan saya. Saya sangat setuju dengan apa yang beliau katakan tentang membantu ekonomi untuk tumbuh serta melawan COVID-19 dengan segala bantuannya. Jadi saya sangat menghargai kehadiran beliau di Indonesia untuk membantu kami menyampaikan pesan ini dan memastikan bahwa semua orang tahu bahwa China bersama kita, bersama seluruh dunia untuk melawan pandemi ini dan juga menciptakan dunia yang lebih baik."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Jakarta.

(XHTV)

【记者:Lin Ning,Sun Lei,Li Guangzheng,Yang Yunqi,Gu Lu,Li Zhenbei,Li Zhenbei 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/7a30f15526893d5ee667bfc701b25963/1668645319690

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD