Mantan PM Israel Netanyahu ditugasi bentuk pemerintahan baru

2022-11-14 16:17:11   来源:新华社

JUDUL: Mantan PM Israel Netanyahu ditugasi bentuk pemerintahan baru

DATELINE: 14 November 2022

DURASI: 00:01:09

LOKASI: Yerusalem

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST

1. Berbagai cuplikan kediaman presiden Israel

2. Berbagai cuplikan Presiden Israel Isaac Herzog dan mantan PM Israel Benjamin Netanyahu berbicara (Sumber: Kantor pers pemerintah Israel, Government Press Office/GPO)

3. Berbagai cuplikan Presiden Israel Isaac Herzog memberi mandat kepada mantan PM Israel Benjamin Netanyahu untuk membentuk pemerintahan baru (Sumber: Kantor pers pemerintah Israel, Government Press Office/GPO)

 

STORYLINE:

Presiden Israel Isaac Herzog pada Minggu (13/11) menugaskan mantan perdana menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu untuk membentuk pemerintahan baru, setelah kemenangan politisi veteran itu dan aliansi partai sayap kanan-jauhnya dalam pemilu parlementer.

Dalam pernyataan bersama yang disiarkan, Herzog mengatakan dia tidak "menutup mata" terhadap persidangan pidana Netanyahu yang sedang berlangsung atas tuduhan korupsi dan itu tidak boleh "dianggap remeh." Namun, katanya, Mahkamah Agung memutuskan bahwa Netanyahu layak untuk membentuk pemerintahan.

Pekan lalu, Herzog mengadakan perbincangan konsultasi formal dengan perwakilan dari semua partai politik. Perbincangan itu memberikan "gambaran yang jelas," kata Herzog, mengatakan bahwa Netanyahu menerima dukungan paling banyak, yakni 64 kursi dari 120 kursi di parlemen.

Netanyahu, pemimpin partai sayap kanan Likud, bersumpah untuk melayani seluruh warga Israel, termasuk juga mereka yang "tidak memilih saya."

Di bawah ketentuan hukum Israel, Netanyahu saat ini memiliki waktu 28 hari untuk membentuk pemerintahan koalisi, dengan kemungkinan perpanjangan selama 14 hari.

Langkah tersebut dilakukan setelah pemilu kelima di negara itu sejak 2019, yang diadakan pada 1 November lalu.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Yerusalem.

(XHTV)

【记者:Wang Zhuolun,Zhang Tianlang,Lynn 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/43ba393b0d292a34e667bfc701b25963/1668413835291

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD