Metode pemanas hijau kian populer di daerah pedesaan China timur laut

2022-11-11 12:44:36   来源:新华社

JUDUL: Metode pemanas hijau kian populer di daerah pedesaan China timur laut

DATELINE: 10 November 2022

DURASI: 00:01:27

LOKASI: PANJIN, China

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. Pemandangan Kota Panjin di Provinsi Liaoning dari udara

2. SOUNDBITE (Bahasa Mandarin): FU JINGFA, Warga Desa Yuanlin

3. Berbagai cuplikan staf State Grid Power Supply Cabang Distrik Dawa Panjin memeriksa sejumlah fasilitas

4. Berbagai cuplikan Kota Panjin

 

STORYLINE:

China telah meningkatkan upaya untuk menggunakan energi bersih dan melindungi lingkungan.

Seiring dimulainya musim pemakaian pemanas pada musim dingin, semakin banyak rumah tangga pedesaan di China utara yang mengadopsi metode pemanas hijau yang disebut pompa panas sumber udara, alih-alih membakar batu bara.

Jika dipasang dengan benar, pompa panas sumber udara dapat mengirimkan energi panas ke sebuah rumah hingga tiga kali lebih banyak dibanding energi listrik yang dikonsumsinya.

Sekitar 100 rumah tangga di sebuah desa di Kota Panjin, Provinsi Liaoning, China timur laut, telah memasang pompa panas jenis ini. Fu Jingfa merupakan salah satu warga pertama yang menggunakan alat pemanas hijau tersebut.

SOUNDBITE (Bahasa Mandarin): FU JINGFA, Warga Desa Yuanlin

"Kami memasang alat ini tiga tahun lalu pada 2019. Area penggunaan pemanas di rumah saya memiliki luas sekitar 150 meter persegi. Jika kami menggunakan pemanas uap (boiler) berbahan bakar batu bara, saya menghabiskan biaya 5.100 yuan (1 yuan = Rp2.165) selama musim penggunaan pemanas. Dengan metode baru, biaya yang harus dikeluarkan 5.000 yuan. Dari perspektif yang lebih luas, alat ini ramah lingkungan, tanpa polusi. Bagi keluarga kami, alat pemanas hijau ini bersih dan lebih nyaman. Kedua cucu saya dapat berlarian di rumah tanpa alas kaki setiap hari, hanya memakai pakaian dalam. Alat ini dapat menjaga suhu dalam ruangan pada 24 hingga 25 derajat Celsius."

Mengingat semakin banyak penduduk desa yang memasang alat pemanas, permintaan akan listrik pun meningkat. Otoritas setempat telah mengambil banyak langkah untuk menjamin pasokan listrik dan meningkatkan layanan, termasuk meningkatkan jaringan untuk memperluas kapasitas.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Panjin, China.

(XHTV)

【记者:Zhao Yong,Zhang Qiru 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/d74edb699b10a7e9e667bfc701b25963/1668141878800

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD