Proyek China bantu upaya perlindungan penyu di Ghana

2022-11-09 15:36:08   来源:新华社

JUDUL: Proyek China bantu upaya perlindungan penyu di Ghana

DATELINE: 9 November 2022

DURASI: 00:03:13 

LOKASI: Accra

KATEGORI: LINGKUNGAN

 

SHOTLIST:

1. Sejumlah pekerja China melepasliarkan penyu

2. Berbagai cuplikan proyek pelabuhan Jamestown

3. Berbagai cuplikan penyu dan para pekerja China

4. SOUNDBITE (Bahasa Mandarin): HU YUECHUAN, Direktur kantor proyek bantuan China

5. Berbagai cuplikan penyu dan para pekerja China

 

STORYLINE:

Garis pantai Ghana di Samudra Atlantik merupakan rumah bagi setidaknya tiga spesies penyu laut.

Di habitat alami ini, para penyu hidup, berkembang biak, dan lestari, tetapi mereka juga terus-menerus menghadapi perburuan, polusi laut, dan beberapa ancaman lainnya.

Di saat banyak warga Ghana mengabdikan diri untuk melindungi spesies yang terancam punah ini, pekerja China yang terlibat dalam proyek-proyek pelabuhan bantuan China di Ghana juga bergabung dalam upaya mereka.

Pada Jumat (4/11) sore, para pekerja China dari CRCC Harbour & Channel Engineering Bureau Group Limited yang mengerjakan proyek pelabuhan Jamestown di Ghana menerima telepon dari warga setempat yang meminta bantuan untuk menyelamatkan dua penyu yang terperangkap di sepanjang pantai.

Para pekerja lalu bergegas ke lokasi dan menemukan dua penyu dalam kondisi buruk. Mereka kemudian membawa kedua penyu itu dengan hati-hati kembali ke pangkalan mereka di tepi pantai.

Dengan bantuan para pekerja lokal, sebuah tempat penampungan sementara untuk penyu langsung didirikan, dan air bersih serta makanan disediakan secara tepat waktu.

"Kami berkonsultasi dengan pelindung hewan setempat untuk memastikan semua prosedur dilakukan dengan benar, dan kedua penyu itu pun memulihkan tenaga mereka dengan cepat," kata Hu Yuechuan, direktur kantor proyek bantuan China.

SOUNDBITE (Bahasa Mandarin): HU YUECHUAN, Direktur kantor proyek bantuan China

"Sejak tahun lalu, kami telah dua kali menemukan penyu yang terperangkap di pantai, dan kami menyelamatkan empat di antaranya. Kami membentuk satuan tugas untuk meningkatkan patroli rutin di pantai dan mekanisme komunikasi dengan nelayan setempat. Kami semua tahu bahwa penyu merupakan satwa laut yang langka. Sebagai perusahaan China yang terlibat dalam proyek bantuan di Ghana, kami pikir kami memiliki tanggung jawab untuk melindungi penyu. Itulah alasan kami melakukannya."

"Penyu memainkan peran penting dalam ekosistem laut, tidak ada yang boleh menghindar dari tanggung jawab untuk melindungi mereka," tambah Hu.

Pada hari yang sama, beberapa pekerja China membawa kedua penyu itu ke pantai dan melepasliarkan mereka kembali ke Samudra Atlantik. Mereka bersorak ketika dua hewan laut itu berenang jauh dan kepala mereka menyembul keluar dari air.

Seiring kerja sama China-Ghana berkembang dalam beberapa tahun terakhir, proyek infrastruktur yang dibantu atau dibangun oleh China pun bermunculan di Ghana, banyak di antaranya menetapkan perlindungan ekologi sebagai prioritas utama.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Accra.

(XHTV)

【记者:Xu Zheng,Seth 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/06a7db8e36244332f17a541bb5900b47/1667979370588

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD