Feature: Pidato inspiratif Xi Jinping dalam ingatan warga Rusia dari dua generasi (Bagian 3)

2023-03-23 18:17:46   来源:新华社

   Torkunov dan Bobrov sama-sama berpendapat bahwa kunjungan Xi ke MGIMO dan pidatonya 10 tahun lalu telah memainkan peran penting dalam perkembangan hubungan Rusia-China.

   "Pidato itu memberi kami pemahaman yang lebih mendalam tentang pandangan China mengenai berbagai isu dan peran China dalam kehidupan internasional modern. Pidato tersebut juga sangat memotivasi kami untuk mempelajari China dan hubungan Rusia-China," kata Torkunov.

   Pada hari yang sama ketika Torkunov dan Bobrov mengutarakan pandangan mereka tentang pidato Xi kepada Xinhua, sebuah acara yang didedikasikan untuk budaya China dan bahasa Mandarin digelar di MGIMO.

   Lebih dari 100 guru dan siswa dari banyak sekolah di Moskow diundang untuk berpartisipasi dalam upacara pencicipan teh China, kaligrafi, dan lokakarya seni memotong kertas. Mahasiswa MGIMO juga mengikuti berbagai diskusi yang diadakan dalam bahasa Mandarin.

Para mahasiswa mengamati seorang seniman menulis kaligrafi China dalam perayaan Tahun Baru Imlek di Institut Konfusius Universitas Negeri Rusia untuk Kemanusiaan di Moskow, ibu kota Rusia, pada 3 Februari 2023. (Xinhua/Cao Yang)

   "Kami memiliki sekelompok besar mahasiswa yang mempelajari bahasa Mandarin. Terlebih lagi, hari ini, para profesor dan guru secara aktif mempelajari China," tutur Torkunov.

   MGIMO telah menandatangani perjanjian kerja sama jangka panjang dengan lebih dari 10 universitas dan institut penelitian China, termasuk Universitas Peking, Universitas Urusan Luar Negeri China, Universitas Studi Luar Negeri Beijing, dan Institut Studi Rusia, Eropa Timur, dan Asia Tengah di Akademi Ilmu Sosial China. Sejak 1950-an, lebih dari 250 mahasiswa China telah lulus dari MGIMO, dan saat ini, terdapat 84 mahasiswa China yang sedang menempuh pendidikan di universitas tersebut.

   "Kami sangat menantikan kesempatan untuk mengembangkan semua jenis hubungan akademis dengan institusi China. Jika bukan karena kunjungan Presiden Xi pada 2013, proses ini bisa memakan waktu bertahun-tahun lebih lama, dan kami harus bekerja lebih keras untuk mencapai hasil yang telah kami capai sekarang," ujar Bobrov.

   Dia juga menyebutkan bahwa banyak mahasiswa ingin mempelajari bahasa Mandarin dan belajar di China.

   Torkunov mengungkapkan hubungan Rusia-China sedang berkembang secara komprehensif, dan kerja sama antara universitas-universitas China dan Rusia akan terus meningkat. "Kami akan senang jika mahasiswa China lebih banyak, kami juga akan mengirim lebih banyak mahasiswa kami ke China untuk belajar."  Selesai

【记者:Yuan Xinfang,Huang He,Liu Kai,Meng Jing,Cao Yang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/d3b2459f1f445613c833255356dd87af/1679566668321

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD