Feature: Pidato inspiratif Xi Jinping dalam ingatan warga Rusia dari dua generasi (Bagian 1)

2023-03-23 17:35:57   来源:新华社

Foto yang diabadikan pada 29 September 2021 ini memperlihatkan pemandangan umum di Taman Kolomenskoye di Moskow, Rusia. (Xinhua/Bai Xueqi)

   Anatoly Torkunov, Presiden Institut Negeri Hubungan Internasional Moskow (MGIMO), mengatakan bahwa pidato Xi bermakna, mendalam, dan menggugah pemikiran serta akan signifikan bagi universitas mana pun, terutama yang berfokus pada hubungan internasional, politik dunia, dan ekonomi. "Ini juga merupakan kesempatan untuk tidak hanya mendengarkan secara langsung, tetapi juga merasakan politik."

   MOSKOW, 23 Maret (Xinhua) -- Anatoly Torkunov, Presiden Institut Negeri Hubungan Internasional Moskow (MGIMO), masih bersemangat ketika mengenang pidato berkesan yang disampaikan Presiden China Xi Jinping di universitas Rusia tersebut pada satu dekade lalu.

   "Saya masih ingat bagaimana auditorium itu penuh dengan para dosen dan mahasiswa," ujar Torkunov, mengacu pada pidato yang disampaikan Presiden Xi pada 23 Maret 2013, saat kunjungan kenegaraan pertamanya ke Rusia setelah terpilih sebagai presiden China.

   Torkunov mengatakan bahwa pidato Xi bermakna, mendalam, dan menggugah pemikiran serta akan signifikan bagi universitas mana pun, terutama yang berfokus pada hubungan internasional, politik dunia, dan ekonomi. "Ini juga merupakan kesempatan untuk tidak hanya mendengarkan secara langsung, tetapi juga merasakan politik."

   "Presiden Xi menyampaikan pidato tidak hanya sebagai pemimpin negara besar, tetapi juga sebagai seorang guru, karena ceramah itu tidak hanya bermakna secara politis, tetapi juga bermakna dari perspektif akademis," imbuhnya.

Foto yang diabadikan pada 10 Maret 2023 ini memperlihatkan pemandangan di sepanjang Sungai Moskow di Moskow, Rusia. (Xinhua/Alexander Zemlianichenko Jr)

   Alexander Bobrov (30) yang kini menjabat sebagai direktur Fakultas Pemerintahan dan Urusan Internasional MGIMO, juga mendengarkan pidato presiden China pada 10 tahun lalu, ketika dia masih menjadi mahasiswa di universitas tersebut.

   "Itu merupakan peristiwa besar bagi kami. Kami sangat senang dapat melihat pemimpin China, yang berbicara banyak tentang perkembangan hubungan bilateral, dan menunjukkan pengetahuan yang luar biasa tentang budaya Rusia," ujar Bobrov.

   "Dia merupakan orang yang sangat kuat dengan tekad, karakter, karisma yang hebat," tegas Torkunov.

【记者:Yuan Xinfang,Huang He,Liu Kai,Meng Jing,Cao Yang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/ca0c6c40c1226844f17a541bb5900b47/1679564161028

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD