Feature: Pidato inspiratif Xi Jinping dalam ingatan warga Rusia dari dua generasi (Bagian 2)

2023-03-23 17:49:14   来源:新华社

   Mengenai usulan Xi tentang konsep komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dalam pidatonya, Torkunov menuturkan, "Kami bangga bahwa secara konseptual ide ini diperkenalkan kali pertama di universitas kami."

   Torkunov mengenang bahwa Xi mengatakan bahwa negara-negara terkait dan bergantung satu sama lain pada tingkat yang belum pernah terlihat sebelumnya, dan umat manusia, yang tinggal di desa global yang sama, kian muncul sebagai komunitas dengan masa depan bersama di mana kepentingan setiap orang terjalin erat.

   Banyak hal dalam kehidupan politik China saat ini sedikit banyak berhubungan dengan sejarah China yang berusia berabad-abad dan ribuan tahun lamanya dan diambil dari ajaran para filsuf besar China, ungkap sang presiden MGIMO.

   Torkunov meyakini bahwa China pada dasarnya menganut konsep ini dan menggunakannya dalam praktik, dalam pembangunan negara itu.

Foto dari udara yang diabadikan pada 21 Februari 2023 ini menunjukkan terminal peti kemas di Pelabuhan Tianjin, yang didukung penuh teknologi Internet of Things (IoT), di Tianjin, China utara. (Xinhua/Zhao Zishuo)

   Dibandingkan dengan teori-teori lain tentang hubungan internasional, Torkunov mengatakan konsep tersebut tidak hanya sangat memengaruhi banyak aspek penting dalam kehidupan nasional, tetapi juga mencakup makna sebenarnya dari pembangunan untuk semua.

   "Terlepas dari ukuran ekonomi negara tertentu mana pun, hubungan harus dibangun dengan penekanan pada kesetaraan, dan perlu mencari solusi damai untuk setiap masalah," ujar Torkunov.

   "Sepuluh tahun telah berlalu tetapi relevansinya tidak berkurang. Ini justru menjadi lebih umum," tutur Torkunov, seraya menambahkan bahwa konsep ini tetap penting ketika berbagai perubahan besar sedang terjadi saat ini.

   "Konsep ini menganjurkan bahwa semua negara dengan budaya unik atau bahkan peradaban tidak berkembang menurut standar tertentu, beberapa paradigma terpadu, sehingga kita memiliki persatuan dan keragaman," ungkap Bobrov.

   Bobrov meyakini bahwa di dunia multipolar saat ini, negara-negara perlu membangun hubungan internasional semacam itu sehingga setiap negara dapat memberikan kontribusi positifnya bagi pembangunan seluruh umat manusia.

   "Konsep ini akan berkontribusi bagi pembangunan progresif umat manusia selama bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun mendatang," kata Bobrov.

【记者:Yuan Xinfang,Huang He,Liu Kai,Meng Jing,Cao Yang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/d7ea8b8cedf41fc6e667bfc701b25963/1679564957455

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD