Tajuk Xinhua: Xi dan Putin sepakat perdalam kemitraan koordinasi strategis komprehensif untuk era baru (Bagian 2)

2023-03-23 17:03:44   来源:新华社

   Xi dan Putin mendengarkan laporan sejumlah pejabat terkemuka departemen-departemen pemerintah terkait dari kedua negara tentang kerja sama di berbagai bidang.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin menggelar pembicaraan kelompok besar di Kremlin di Moskow, Rusia, pada 21 Maret 2023. Xi pada Selasa (21/3) mengadakan pembicaraan dengan Putin di Moskow. (Xinhua/Shen Hong)

   Berkat upaya bersama, China dan Rusia memiliki rasa kepercayaan politik timbal balik, konvergensi kepentingan, dan pemahaman antarbangsa yang semakin mendalam, ujar Xi, seraya menambahkan bahwa kerja sama kedua negara di berbagai bidang, seperti ekonomi dan perdagangan, investasi, energi, pertukaran antarmasyarakat dan budaya, maupun pertukaran di tingkat subnasional, terus mencatatkan kemajuan. Bidang kerja sama semakin banyak, dan konsensus kerja sama pun menjadi lebih kuat lagi.

   China berada di tahun pertama untuk sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip panduan yang ditetapkan oleh Kongres Nasional Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) ke-20, dan itu akan mendorong paradigma pembangunan baru dengan lebih cepat, mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi, serta memajukan modernisasi China di segala bidang, urainya.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan di Kremlin di Moskow, Rusia, pada 21 Maret 2023. Xi melakukan pembicaraan dengan Putin di Moskow pada Selasa (21/3). Putin mengadakan upacara penyambutan yang khidmat untuk Xi Jinping di St. George's Hall. (Xinhua/Shen Hong)

   Memperhatikan bahwa kerja sama China-Rusia memiliki potensi dan ruang yang signifikan serta strategis, andal, dan stabil, Xi mengatakan kedua belah pihak perlu memperkuat koordinasi secara keseluruhan, meningkatkan perdagangan di sejumlah bidang tradisional, seperti energi, sumber daya, dan produk elektromekanis, terus meningkatkan ketahanan rantai industri dan pasokan, memperluas kerja sama di sejumlah bidang, seperti teknologi informasi, ekonomi digital, pertanian, dan perdagangan jasa. Kedua pihak harus meningkatkan kerja sama di bidang inovasi serta memfasilitasi logistik dan transportasi lintas perbatasan, imbuhnya.

   Kedua belah pihak harus memperkuat landasan pertukaran antarmasyarakat, tutur Xi, seraya menyerukan upaya untuk mendorong lebih banyak interaksi antara berbagai provinsi/negara bagian dan kota-kota kembar, memastikan keberhasilan Tahun Pertukaran Olahraga, serta memfasilitasi pergerakan personel antara kedua negara.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan upacara penyambutan yang khidmat untuk Presiden China Xi Jinping di St. George's Hall di Kremlin di Moskow, Rusia, pada 21 Maret 2023. Xi pada Selasa (21/3) mengadakan pembicaraan dengan Putin di Moskow. (Xinhua/Xie Huanchi)

   Putin sekali lagi menyampaikan ucapan selamat yang hangat dari Rusia atas terpilihnya kembali Xi sebagai Presiden China dengan suara bulat dan atas pembentukan pemerintahan baru di China. Dia mengatakan bahwa hubungan Rusia-China berkembang dengan sangat baik, dan kemajuan yang baik telah dicapai di semua bidang kerja sama bilateral.

   Menyatakan bahwa pertukaran dan kerja sama aktif dilakukan antara pemerintah dan badan legislatif di berbagai level serta di berbagai bidang, Putin mengatakan di tengah lingkungan yang kompleks, seperti penyebaran COVID, perdagangan Rusia-China melawan tren dan mencapai pertumbuhan.

   Dia menyatakan harapan bahwa kedua belah pihak akan memanfaatkan sepenuhnya saluran pertukaran yang ada serta mengupayakan kemajuan baru dalam kerja sama praktis di berbagai bidang, termasuk ekonomi dan perdagangan, investasi, energi, luar angkasa, transportasi dan logistik lintas perbatasan, serta meningkatkan pertukaran antarmasyarakat dan budaya di bidang olahraga dan pariwisata maupun pertukaran di tingkat subnasional ke level baru.

   Rusia dengan tegas mendukung China dalam menegakkan kepentingannya yang sah terkait isu-isu yang berhubungan dengan Taiwan, Hong Kong, dan Xinjiang, kata Putin, seraya menambahkan bahwa Rusia mengucapkan selamat kepada China karena telah sukses membantu tercapainya hasil bersejarah dari pembicaraan antara Arab Saudi dan Iran di Beijing, yang sepenuhnya menunjukkan status penting dan pengaruh positif China sebagai negara besar di dunia.

   Rusia mengapresiasi China yang secara konsisten menjunjung tinggi posisi objektif dan tidak memihak dalam urusan internasional, mendukung Inisiatif Keamanan Global, Inisiatif Pembangunan Global, dan Inisiatif Peradaban Global yang dikemukakan China, serta siap untuk semakin meningkatkan koordinasi internasional dengan China, katanya.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dalam konferensi pers gabungan usai pembicaraan mereka di Kremlin di Moskow, Rusia, pada 21 Maret 2023. Xi pada Selasa (21/3) mengadakan pembicaraan dengan Putin di Moskow. (Xinhua/Shen Hong)

   Xi dan Putin percaya pertukaran antara kedua belah pihak selama kunjungan itu mendalam, kaya, dan komprehensif, serta menyuntikkan dorongan baru ke dalam pengembangan kemitraan koordinasi strategis komprehensif China-Rusia untuk era baru.

   Mereka memerintahkan departemen-departemen yang kompeten dari kedua negara agar menindaklanjuti pemahaman bersama yang dicapai di tingkat presiden, meningkatkan komunikasi, dan bekerja lebih erat satu sama lain untuk memberikan kemajuan baru dan lebih besar dalam kerja sama praktis China-Rusia serta mendorong pembangunan dan peremajaan di kedua negara.

   Mereka sepakat untuk tetap berhubungan erat melalui berbagai cara untuk bersama-sama memandu pertumbuhan hubungan China-Rusia yang sehat dan stabil.

   Setelah pembicaraan, Xi dan Putin bersama-sama menandatangani Pernyataan Bersama Republik Rakyat China dan Federasi Rusia tentang Memperdalam Kemitraan Koordinasi Strategis Komprehensif untuk Era Baru dan Pernyataan Bersama Presiden Republik Rakyat China dan Presiden Federasi Rusia mengenai Rencana Pembangunan Pra-2030 tentang Prioritas-Prioritas Kerja Sama Ekonomi China-Rusia.

   Dalam kunjungan tersebut, kedua belah pihak juga menandatangani dokumen-dokumen kerja sama bilateral di bidang pertanian, kehutanan, penelitian ilmiah dan teknologi dasar, regulasi pasar, serta media.  Selesai

【记者:Xia Yuanyi,Zhao Bochao,Lu Jiafei,Xie Huanchi,Shen Hong,Ju Peng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/cf71f66a04fc760a68f5cbff68a3a7e8/1679562229148

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD