Xi dan Putin ikrarkan pendalaman kemitraan strategis dalam dialog bermanfaat (Bagian 1)

2023-03-22 14:47:52   来源:新华社

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dalam konferensi pers gabungan setelah pembicaraan mereka di Kremlin di Moskow, Rusia, pada 21 Maret 2023. Xi pada Selasa (21/3) mengadakan pembicaraan dengan Putin di Moskow. (Xinhua/Shen Hong)

   MOSKOW, 21 Maret (Xinhua) -- Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (21/3) bersepakat untuk memperkuat hubungan bilateral berdasarkan prinsip negara bertetangga yang baik, persahabatan, dan kerja sama saling menguntungkan, serta memperdalam kemitraan koordinasi strategis komprehensif China-Rusia untuk era baru.

   Menggambarkan kunjungan kenegaraan Xi ke Rusia sebagai "perjalanan persahabatan, kerja sama, dan perdamaian," sejumlah pakar mengatakan bahwa memperkuat hubungan China-Rusia akan mendorong perdamaian dan stabilitas kawasan sekaligus berkontribusi dalam menyeimbangkan lanskap strategis global.

   Pada Selasa sore waktu setempat, Xi menggelar pembicaraan dengan Putin di Kremlin di Moskow. Mereka mengadakan dialog yang tulus, bersahabat, dan bermanfaat mengenai hubungan bilateral serta isu-isu utama regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, dan mencapai pemahaman bersama yang baru dan penting di berbagai bidang.

   Mencatat bahwa China dan Rusia adalah negara tetangga terbesar bagi satu sama lain, Xi mengatakan bahwa mengonsolidasikan dan mengembangkan hubungan bertetangga baik jangka panjang dengan Rusia selaras dengan logika historis dan pilihan strategis China, yang tidak akan diubah oleh peristiwa apa pun.

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan usai menandatangani Pernyataan Bersama Republik Rakyat China dan Federasi Rusia mengenai Pendalaman Kemitraan Koordinasi Strategis Komprehensif untuk Era Baru serta Pernyataan Bersama Presiden Republik Rakyat China dan Presiden Federasi Rusia mengenai Rencana Pembangunan Pra-2030 tentang Prioritas-Prioritas dalam Kerja Sama Ekonomi China-Rusia di Moskow, Rusia, pada 21 Maret 2023. (Xinhua/Xie Huanchi)

   Sejak kunjungan kenegaraan pertamanya ke Rusia 10 tahun lalu, kata Xi, China dan Rusia menikmati hubungan berdasarkan prinsip saling menghormati, saling percaya, dan saling menguntungkan. Hubungan kedua negara telah berkembang semakin kuat, menunjukkan karakteristik lebih komprehensif, lebih praktis, dan lebih strategis, imbuhnya.

【记者:Lu Jiafei,Shi Xiaomeng,Guo Yage,Wang Xinyi,Wang Zizheng,Liu Weijian,Shi Hao,Yuan Xinfang,Gao Wencheng,Zhao Bochao,Xia Yuanyi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/6e973132440d876d73b56e1684af3eb1/1679467678797

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD