Xi dan Putin ikrarkan pendalaman kemitraan strategis dalam dialog bermanfaat (Bagian 2)

2023-03-22 14:52:35   来源:新华社

   Tak peduli bagaimana pun lanskap internasional berubah, China akan tetap berkomitmen untuk memajukan kemitraan koordinasi strategis komprehensif China-Rusia untuk era baru, kata Xi.

   Amadou Diop, seorang pakar tentang China asal Senegal, menilai kunjungan kenegaraan Xi ke Rusia "sangat penting," yang akan menyuntikkan energi positif yang kuat ke dalam situasi internasional yang kompleks.

   "China dan Rusia bekerja sama semakin erat dengan negara-negara berkembang untuk mempromosikan multilateralisme dan kemakmuran bersama, serta menghormati dan melindungi kepentingan negara-negara berkembang," kata Diop.

   Kunjungan Xi sekali lagi membuktikan pentingnya hubungan Rusia-China dan menegaskan kembali bahwa Rusia dan China akan terus mempraktikkan multilateralisme sejati, mendukung pembangunan dunia yang multipolar, meningkatkan tata kelola global, dan berkontribusi dalam pembangunan dunia, kata Sergei Lukonin, Kepala Departemen Politik dan Ekonomi China di Institut Ekonomi Dunia dan Hubungan Internasional Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

   Selama pembicaraan dengan Putin, Xi mengungkapkan bahwa sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan negara besar di dunia, China dan Rusia memiliki tanggung jawab alami untuk melakukan upaya bersama dalam menuntun dan memajukan tata kelola global ke arah yang memenuhi harapan masyarakat internasional dan mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Foto dari udara yang diabadikan pada 16 Maret 2023 ini menunjukkan kereta kargo China-Eropa berangkat menuju Moskow di stasiun kereta Mafang di Distrik Pinggu, Beijing, ibu kota China. (Xinhua/Ren Chao)

   Dia meminta kedua belah pihak untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam urusan internasional, khususnya di PBB, Organisasi Kerja Sama Shanghai, BRICS, dan kerangka kerja multilateral lainnya, sambil mempraktikkan multilateralisme sejati, menentang hegemonisme dan politik kekuasaan, memberikan kontribusi pada pemulihan ekonomi global pasca-COVID, memajukan tren menuju dunia multipolar, serta mempromosikan reformasi dan penyempurnaan sistem tata kelola global.

【记者:Lu Jiafei,Shi Xiaomeng,Guo Yage,Wang Xinyi,Wang Zizheng,Liu Weijian,Shi Hao,Yuan Xinfang,Gao Wencheng,Zhao Bochao,Xia Yuanyi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/12972c2ee66f786ba88587df2a24f820/1679467958972

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD