Xi Jinping dan Putin tanda tangani pernyataan bersama rencana pembangunan pra-2030 tentang prioritas dalam kerja sama ekonomi China-Rusia

2023-03-22 10:30:53   来源:新华社

   MOSKOW, 21 Maret (Xinhua) -- Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin pada Selasa (21/3) bersama-sama menandatangani dan merilis Pernyataan Bersama Presiden Republik Rakyat China dan Presiden Federasi Rusia mengenai Rencana Pembangunan Pra-2030 tentang Prioritas-Prioritas dalam Kerja Sama Ekonomi China-Rusia.

   Dalam pernyataan tersebut, kedua pihak sepakat untuk menjunjung tinggi prinsip saling menghormati, kesetaraan dan keuntungan bersama, mewujudkan pembangunan mandiri jangka panjang kedua negara, mendorong pembangunan berkualitas tinggi dari kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Rusia, menyuntikkan dorongan baru ke dalam promosi komprehensif kerja sama bilateral, menjaga momentum pertumbuhan pesat dari perdagangan bilateral barang dan jasa, serta berkomitmen untuk meningkatkan volume perdagangan bilateral secara signifikan pada 2030.

   Kedua pihak berjanji akan menjalankan kerja sama ekonomi dalam berbagai arah utama, termasuk memperluas skala perdagangan, mengoptimalkan struktur perdagangan, serta mengembangkan e-commerce dan mode kerja sama inovatif lainnya.

   Kedua pihak berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama keuangan, dan terus meningkatkan proporsi penyelesaian dengan mata uang lokal (local currency settlement/LCS) dalam perdagangan, investasi, pinjaman bilateral serta berbagai transaksi ekonomi dan perdagangan lainnya untuk memenuhi permintaan pasar.

   Mereka akan mengonsolidasikan kemitraan energi yang menyeluruh, dan memperkuat kerja sama jangka panjang di bidang-bidang energi utama, menurut pernyataan itu.

   Kedua pihak menyerukan untuk mempromosikan pertukaran dan kerja sama berkualitas tinggi dalam teknologi dan inovasi guna memastikan pengembangan tingkat tinggi dalam bidang teknologi di kedua negara.

   Selain meningkatkan kerja sama di bidang industri, kedua pihak juga berjanji akan meningkatkan kerja sama di bidang pertanian guna menjamin ketahanan pangan kedua negara.  Selesai

【记者:Zhao Bochao 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/7f3c700fa13a0b0971639e493332d50c/1679452255462

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD