Para sukarelawan bantu selamatkan hewan-hewan pascagempa bumi di Turkiye

2023-03-21 17:31:44   来源:新华社

JUDUL: Para sukarelawan bantu selamatkan hewan-hewan pascagempa bumi di Turkiye

DATELINE: 21 Maret 2023

DURASI: 00:02:13

LOKASI: ISTANBUL, Turkiye

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan bangunan hancur akibat gempa bumi di Turkiye

2. Berbagai cuplikan kucing dan anjing diselamatkan oleh para sukarelawan

 

STORYLINE:

Pascagempa bumi dahsyat mengguncang Turkiye pada 6 Februari lalu, banyak hewan, baik hewan peliharaan kesayangan milik seseorang maupun hewan liar di sebuah kawasan permukiman, terjebak di bawah berton-ton beton.

Guna menyelamatkan para korban berkaki empat ini, tim dari Humane Society International (HSI), sebuah pasukan terdepan untuk perlindungan hewan, tiba di Turkiye setelah gempa bumi, bekerja sama bahu-membahu dengan rekan-rekan mereka di Turkiye.

Kelly Donithan, direktur tanggap darurat bencana hewan HSI, mengatakan kepada Xinhua melalui wawancara via email bahwa dalam operasi penyelamatan mereka yang berlangsung selama hampir sebulan, tim tersebut telah melakukan sejumlah misi pencarian dan penyelamatan setiap hari, yang melibatkan pemindaian area untuk mencari tanda-tanda keberadaan hewan dan mengunjungi lokasi-lokasi tertentu yang diinformasikan oleh pemilik hewan peliharaan yang cemas.

"Kami sering menerima pesan Facebook yang ditinggalkan oleh orang-orang yang putus asa mencari hewan peliharaan mereka, dan kami menggunakan informasi itu untuk menemukan rumah mereka dan melakukan upaya pencarian," kata Donithan. Hewan-hewan tersebut sering kali sangat trauma dan takut untuk keluar, butuh banyak kesabaran dan ketekunan sebelum mereka dapat diselamatkan. 

"Terkadang, kami menghubungi sang pemilik dan meminta mereka mengirimkan rekaman suara mereka ketika memanggil hewan peliharaan mereka, dan ini terbukti sangat berguna dalam beberapa kasus untuk mendorong hewan mereka keluar dari tempat persembunyiannya," ujar Donithan. "Saya bisa mengatakan kami menyaksikan atau terlibat dalam sekitar 10 sampai 15 reuni antara manusia dan hewan peliharaan mereka."

Deniz Kara, dari Provinsi Mugla, Turkiye barat daya, pergi ke Hatay pada hari keempat bencana bersama dengan tim pencari dan penyelamat beranggotakan 15 orang bernama Mugla 911. Sebagai seorang penyayang satwa, dia menyelamatkan orang-orang berkoordinasi dengan AFAD di daerah itu, sembari juga terus mengawasi dengan cermat jika ada hewan-hewan yang membutuhkan pertolongan.

"Beberapa orang datang dan memberi tahu kami bahwa hewan peliharaan mereka masih terperangkap di rumah mereka," katanya kepada Xinhua. "Kami memasuki bangunan-bangunan yang memungkinkan (untuk menyelamatkan mereka)," imbuhnya.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Istanbul, Turkiye.

(XHTV)

【记者:Wang Feng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/ba1b56a78fa9d900f17a541bb5900b47/1679391107152

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD