Panda raksasa jadi saksi persahabatan China-Rusia

2023-03-21 15:59:34   来源:新华社

JUDUL: Panda raksasa jadi saksi persahabatan China-Rusia

DATELINE: 20 Maret 2023

DURASI: 00:01:27

LOKASI: Moskow

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. STANDUP (Bahasa Inggris): ANASTASIA OSIPOVA, Reporter Xinhua

2. SOUNDBITE (Bahasa Rusia): SVETLANA AKULOVA, Kepala Kebun Binatang Moskow

3. Berbagai cuplikan panda di Kebun Binatang Moskow

 

STORYLINE:

STANDUP (Bahasa Inggris): ANASTASIA OSIPOVA, Reporter Xinhua

"Saat ini, kami berada di dekat apartemen Ru Yi dan Ding Ding. Kedua panda ini tiba di Kebun Binatang Moskow (sekitar) empat tahun yang lalu, dan langsung menjadi selebritas. Penduduk setempat gembira menyaksikan kedua duta persahabatan China-Rusia ini, dan sebenarnya, mereka menaruh harapan besar pada kedua fauna tersebut."

SOUNDBITE (Bahasa Rusia): SVETLANA AKULOVA, Kepala Kebun Binatang Moskow

"Panda raksasa dari China merupakan simbol perdamaian dan persahabatan. Mereka juga menjadi simbol kepercayaan yang besar antara kedua negara. Jadi, kami sangat berterima kasih dan bangga karena hubungan antara China dan Rusia begitu kuat dan bersahabat. Kami sangat mencintai sepasang panda raksasa tersebut. Pengunjung kami sangat menyukai mereka.

Kolega China kami memperhatikan kondisi panda-panda tersebut dengan cermat. Ini sangat membantu kami untuk berbuat lebih baik. Tahun ini, kedua panda tersebut sudah mencapai kematangan seksual. Dan, karena China dan Rusia berpartisipasi dalam program ilmiah untuk mempelajari spesies langka, kami berbagi data suhu dan pola makan dengan para kolega dan mitra kami di China setiap hari serta mengoordinasikan setiap langkah dengan mereka."

Pasangan panda itu tiba di Moskow pada akhir April 2019 dari Provinsi Sichuan, China barat daya. Mereka kemudian secara resmi diserahkan ke Rusia dalam sebuah upacara pembukaan rumah panda (panda house) untuk program penelitian bersama selama 15 tahun.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Moskow.

(XHTV)

【记者:Meng Jing,Chen Qiang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/e387e6405695aa9d68f5cbff68a3a7e8/1679385576827

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD