Perekonomian China capai momentum lebih kuat untuk ekspansi stabil

2023-03-17 12:02:11   来源:新华社

JUDUL: Perekonomian China capai momentum lebih kuat untuk ekspansi stabil

DATELINE: 16 Maret 2023

DURASI: 00:02:21

LOKASI: Beijing

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pemandangan China

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): FU LINGHUI, Juru bicara NBS

3. Berbagai cuplikan pemandangan China

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): FU LINGHUI, Juru bicara NBS

5. Berbagai cuplikan pemandangan China
 

STORYLINE:

Perekonomian China mengawali tahun 2023 dengan kinerja yang gemilang, dengan indikator-indikator ekonomi utama mengalami ekspansi yang stabil, memberikan bukti terbaru bahwa perekonomian terbesar kedua di dunia itu akan mengalami pemulihan yang kuat tahun ini.

Data dari Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China pada Rabu (15/3) menunjukkan bahwa output industri bernilai tambah China naik 2,4 persen secara tahunan (year on year/yoy) dalam dua bulan pertama 2023.

Pertumbuhan tersebut naik 1,1 poin persentase dari level pada Desember 2022, dan rata-rata pertumbuhan selama dua tahun tercatat di angka 4,9 persen.

Penjualan retail barang konsumsi di negara itu meningkat 3,5 persen (yoy) selama periode tersebut, mengubah arah penurunan yang terjadi dalam tiga bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan consumption-upgrading goods seperti perhiasan tumbuh dengan cepat.

Indikator ekonomi utama lainnya, termasuk investasi aset tetap dan indeks produksi jasa, juga membukukan pertumbuhan tahunan.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): FU LINGHUI, Juru bicara NBS

"Kita bisa melihat peningkatan vitalitas pasar. (Data dari) dua bulan pertama menunjukkan prospek yang lebih kuat dari perusahaan-perusahaan untuk pasar, mengindikasikan ekspektasi pasar yang meningkat untuk ekspansi."

Mengenai target ekonomi tahun ini, Fu mengatakan "China memiliki kondisi, fondasi, dan keyakinan" untuk memenuhi target pertumbuhan ekonominya untuk tahun 2023 dengan kerja keras.

Dia menyoroti bahwa perkembangan ekonomi China didukung oleh berbagai keunggulan.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): FU LINGHUI, Juru bicara NBS

"Pertama-tama, Produk Domestik Bruto (PDB) China mencapai 121 triliun yuan (1 yuan = Rp2.233) pada 2022. Kami memiliki pasar yang sangat luas, sistem industri yang lengkap, sumber daya manusia yang melimpah, dan daya dorong yang terus berkembang untuk inovasi dan pengembangan, yang sangat penting bagi perkembangan kami."

Menurut laporan kerja pemerintah yang diadopsi pada Senin (13/3) dalam sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) ke-14, China juga akan menggarisbawahi upaya-upaya untuk mewujudkan pembangunan berkualitas tinggi dengan prioritas kebijakan, termasuk mempercepat modernisasi sistem industri dan mendukung transisi ke pola pembangunan hijau.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Beijing.

(XHTV)

【记者:Zhou Yang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/d266cee26cfb3215a88587df2a24f820/1679025733786

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD