Teks lengkap pidato utama Xi Jinping di KTT Dialog CPC dengan Partai Politik Dunia (Bagian 4)

2023-03-16 20:58:43   来源:新华社

   Kongres Nasional CPC ke-20 mengusulkan untuk memajukan peremajaan bangsa China di semua lini melalui jalur China menuju modernisasi. Modernisasi China merupakan modernisasi terhadap sebuah populasi yang sangat besar, kemakmuran bersama bagi semua orang, kemajuan material dan etika budaya, harmoni antara manusia dan alam, serta pembangunan yang damai. Modernisasi ini berakar pada kondisi nasional kita dan juga mengacu pada pengalaman negara-negara lain. Modernisasi China membawa jejak sejarah serta budaya tradisional dan juga mengandung unsur modern. Modernisasi ini memberikan manfaat bagi penduduk China dan juga memajukan perkembangan umum dunia. Modernisasi ini menjadi jalan pasti bagi kita untuk membangun bangsa yang lebih kuat dan mewujudkan peremajaan bangsa China. Modernisasi ini juga merupakan jalan yang harus kita ambil demi mencapai kemajuan bagi umat manusia dan harmoni bagi seluruh dunia. Kita akan tetap berkomitmen pada arah yang tepat, teori yang tepat, dan jalur yang tepat. Kita tidak akan menyimpang dari jalur dengan mengubah sifat kita atau meninggalkan sistem kita. Karena masa depan kita sendiri terkait erat dengan negara dan bangsa lain, kita akan berupaya untuk memberikan peluang baru bagi pembangunan dunia, menyuntikkan dorongan baru bagi eksplorasi umat manusia terhadap jalan menuju modernisasi, serta memberikan kontribusi baru pada teori dan praktik modernisasi umat manusia saat kita membuat kemajuan baru dalam modernisasi China.

   CPC akan terus mengupayakan pembangunan yang berkualitas tinggi sekaligus mendorong pertumbuhan dan kemakmuran global. Kami akan mempercepat pembentukan paradigma pembangunan baru yang memajukan keterbukaan berstandar tinggi dan perluasan akses pasar yang stabil. Pintu China akan terbuka lebih lebar. Ketika kita semakin memodernisasi sistem industri, kita akan memberikan kepada dunia produk yang lebih banyak dan lebih baik yang diproduksi dan dibuat di China, serta pasar China yang berskala lebih besar dan permintaan yang lebih kuat. Kami akan terus mendukung dan membantu negara-negara berkembang dalam mengejar pembangunan, industrialisasi, dan modernisasi yang lebih cepat, serta menawarkan solusi dan kekuatan China guna mempersempit kesenjangan Utara-Selatan dan mencapai pembangunan bersama. CPC siap bekerja sama dengan partai-partai politik dari semua negara lain untuk memajukan kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra yang berkualitas tinggi, mempercepat implementasi Inisiatif Pembangunan Global yang solid, membantu memberikan pendorong-pendorong baru untuk pembangunan global, serta membangun komunitas pembangunan global. 

   CPC akan terus menjaga kesetaraan dan keadilan internasional serta memajukan perdamaian dan stabilitas dunia. Dalam mendorong modernisasi, China tidak akan mengikuti jejak lama, seperti penjajahan dan penjarahan, maupun jalan tidak jujur yang dipilih oleh beberapa negara untuk mencari hegemoni setelah mereka tumbuh kuat. Yang diupayakan oleh China adalah jalan yang tepat untuk pembangunan yang damai. Kami berupaya menyelesaikan perbedaan melalui dialog dan menyelesaikan perselisihan melalui kerja sama. Kami dengan tegas menentang hegemoni dan politik kekuasaan dalam segala bentuk. Kami mendukung solidaritas dan mentalitas saling menguntungkan (win-win) dalam menangani tantangan keamanan yang saling berkaitan dan kompleks untuk membangun arsitektur keamanan yang jujur dan adil, yang dibangun dan dimiliki oleh semua pihak. Dunia tidak membutuhkan Perang Dingin baru. Praktik yang memicu perpecahan dan konfrontasi atas nama demokrasi merupakan pelanggaran terhadap semangat demokrasi itu sendiri. Praktis seperti itu tidak akan mendapatkan dukungan apa pun. Yang didapatkan dari praktik ini hanyalah kerugian yang tak ada habisnya. China yang modern akan memperkuat kekuatan bagi perdamaian dunia dan keadilan internasional. Apa pun tingkat pembangunan yang dicapai oleh China, China tidak akan pernah memilih hegemoni atau ekspansi.

   CPC akan terus meningkatkan pertukaran antarperadaban dan pembelajaran bersama serta mendorong kemajuan peradaban umat manusia. Di seluruh dunia, negara dan kawasan telah memilih jalur yang berbeda-beda menuju modernisasi, yang berakar dari peradaban mereka yang unik dan telah lama ada. Semua peradaban yang diciptakan oleh komunitas manusia luar biasa. Dari peradaban-peradaban itulah modernisasi masing-masing negara mendapatkan kekuatan dan keunikan. Melampaui ruang dan waktu, peradaban-peradaban tersebut bersama-sama memberikan kontribusi penting bagi proses modernisasi umat manusia. Modernisasi China, sebagai bentuk baru kemajuan umat manusia, akan memanfaatkan ciri dari peradaban lain dan menjadikan "taman" peradaban dunia menjadi lebih hidup. 

   Para hadirin,

   Rekan-rekan sekalian,

   Sekuntum bunga tidak akan menghasilkan musim semi, sedangkan seratus kuntum bunga yang bermekaran akan menghadirkan musim semi ke sebuah taman. Karena masa depan semua negara terhubung erat, toleransi, koeksistensi, pertukaran, dan pembelajaran timbal balik di antara berbagai peradaban memainkan peran yang tak tergantikan dalam memajukan proses modernisasi umat manusia serta membuat "taman" peradaban dunia tumbuh subur. Di sini, saya ingin mengusulkan Insiatif Peradaban Global.

   Kami mendukung sikap hormat terhadap keanekaragaman peradaban. Negara-negara perlu menjunjung tinggi prinsip kesetaraan, pembelajaran timbal balik, dialog, dan inklusivitas di antara berbagai peradaban, serta mengizinkan pertukaran budaya melampaui pengasingan, pembelajaran timbal balik melampaui perseteruan, dan koeksistensi melampaui perasaan superioritas.

   Kami mendukung nilai-nilai umum kemanusiaan. Perdamaian, pembangunan, kesetaraan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan merupakan aspirasi bersama semua orang. Negara-negara harus tetap berpikiran terbuka dalam menghargai persepsi nilai dari peradaban yang berbeda, dan menahan diri untuk tidak memaksakan model atau nilai mereka kepada negara lain, serta tidak memicu konfrontasi ideologis.

   Kami mendukung pentingnya pewarisan dan inovasi peradaban. Negara-negara perlu untuk sepenuhnya memanfaatkan relevansi sejarah dan budaya mereka dengan masa kini, serta mendorong transformasi kreatif dan pengembangan inovatif dari budaya tradisional mereka yang indah.

   Kami mendukung pertukaran dan kerja sama antarmasyarakat internasional yang kuat. Negara-negara perlu menjajaki pembangunan jaringan global untuk dialog dan kerja sama antarperadaban, memperkaya isi pertukaran, serta memperluas kesempatan kerja sama guna meningkatkan rasa saling pengertian dan persahabatan di antara masyarakat dari semua negara dan bersama-sama memajukan kemajuan peradaban manusia.

   Kami siap bekerja sama dengan komunitas internasional untuk membuka prospek baru peningkatan pertukaran dan pemahaman di antara bangsa yang berbeda, serta interaksi dan integrasi budaya yang lebih baik. Bersama-sama, kita dapat menciptakan "taman" peradaban dunia yang penuh warna dan hidup.

   CPC berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan pertukaran dengan partai politik lainnya demi keadilan bersama. Kami siap memperdalam interaksi dengan partai dan organisasi politik di negara-negara lain untuk memperluas konvergensi gagasan dan kepentingan. Mari kita manfaatkan kekuatan hubungan jenis baru antarpartai guna membangun hubungan internasional jenis baru dan memperluas kemitraan global dengan membina mitra-mitra yang lebih kuat dengan partai-partai politik dunia. CPC siap berbagi pengalaman tentang pemerintahan dengan partai dan organisasi politik negara lain, sehingga bersama-sama kita dapat membuat langkah yang besar di jalan menuju modernisasi yang bertujuan membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

   Para hadirin,

   Rekan-rekan sekalian,

   Pasti ada kemunduran dalam perjalanan umat manusia menuju modernisasi, tetapi masa depan sangat cerah. CPC bersedia bekerja sama dengan Anda semua untuk memastikan bahwa dorongan modernisasi yang berbeda-beda dapat membentuk kekuatan besar yang mendorong kemakmuran dan kemajuan dunia serta terus melangkah maju tanpa henti di alur sejarah yang panjang!

   Terima kasih.  Selesai

【记者:Zhu Chao,Cao Jiayue 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/577cb988eed9abd1e667bfc701b25963/1678971525148

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD