Teks lengkap pidato utama Xi Jinping di KTT Dialog CPC dengan Partai Politik Dunia (Bagian 3)

2023-03-16 20:08:39   来源:新华社

   Kita harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip fundamental dan membuat terobosan serta memastikan kesinambungan proses modernisasi. Dalam menghadapi berbagai isu, kondisi, dan tantangan baru selama proses modernisasi, partai-partai politik harus berani mengemban tanggung jawab dan cakap dalam melakukan tugasnya. Kita harus mematahkan belenggu pemikiran usang, menyingkirkan hambatan institusional, mengeksplorasi metode dan pendekatan baru, serta membuat terobosan dalam teori dan praktik untuk menanamkan dinamisme yang berkesinambungan ke dalam proses modernisasi. Kita harus bekerja sama untuk mereformasi dan mengembangkan sistem tata kelola global dan menjadikan tatanan internasional lebih adil dan setara di saat kita memajukan modernisasi umat manusia dalam lingkungan hak yang setara, kesempatan yang sama, dan aturan yang adil bagi semua.

   Kita harus membantu negara-negara lain meraih sukses sembari mengejar kesuksesan kita sendiri dan memastikan semua dapat menikmati hasil dari modernisasi. Umat manusia hidup dalam komunitas dengan masa depan bersama, yang di dalamnya kita bangkit dan jatuh bersama. Bagi negara mana pun, dalam mencapai modernisasi, mereka harus mengupayakan pembangunan bersama melalui solidaritas dan kerja sama serta menganut prinsip kontribusi bersama, manfaat bersama, dan hasil yang saling menguntungkan. Negara-negara terdepan harus dengan tulus mendukung negara lain dalam pembangunan mereka. Seseorang tidak akan bersinar lebih terang setelah meniup pelita orang lain; mereka juga tidak akan dapat melangkah lebih jauh dengan menghalangi jalan orang lain. Kita harus berbagi peluang, menciptakan masa depan bersama, dan membuat porsi modernisasi umat manusia yang lebih besar agar semakin banyak orang dapat menikmati hasil modernisasi secara lebih adil. Kami dengan tegas menentang praktik mempertahankan hak istimewa pembangunan sendiri dengan cara menekan dan membatasi upaya negara lain untuk mencapai modernisasi.

   Kita harus terus melangkah maju dengan gigih dan memastikan kepemimpinan yang kuat atas modernisasi. Modernisasi tidak akan jatuh ke pangkuan kita dengan sendirinya. Ini merupakan hasil dari kerja keras dengan inisiatif sejarah yang kuat. Partai politik merupakan kekuatan utama dan pendorong modernisasi. Nilai-nilai, kemampuan untuk memimpin dan memerintah, etos, tekad, serta karakter mereka memiliki pengaruh langsung terhadap orientasi dan masa depan proses modernisasi. Seperti yang dikatakan oleh seorang filsuf China kuno, "Orang yang mampu menaklukkan dirinya sendiri adalah pribadi yang kuat." Partai politik harus mengintegrasikan pembangunan partai dengan modernisasi nasional, melangkah maju dengan usaha dan tekad, serta melampaui diri mereka sendiri. Dengan cara ini, mereka akan memiliki kepercayaan diri, tekad, dan kemampuan untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadirkan oleh zaman, memenuhi harapan masyarakat, dan memetakan arah serta menggalang kekuatan bagi upaya modernisasi.

   Tuan dan Nyonya yang terhormat,

   Rekan-rekan sekalian,

   Mencapai modernisasi merupakan impian yang diupayakan oleh bangsa China sejak zaman modern. Perjalanan lebih dari 100 tahun yang dilalui oleh Partai untuk menyatukan dan memimpin rakyat China dalam mengupayakan peremajaan nasional juga merupakan eksplorasi jalur menuju modernisasi. Berkat upaya tanpa henti dari generasi ke generasi, kami menemukan jalur kami sendiri menuju modernisasi.

【记者:Zhu Chao,Cao Jiayue 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/a5b03e003cb8b7b971639e493332d50c/1678968521828

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD