Teks lengkap pidato utama Xi Jinping di KTT Dialog CPC dengan Partai Politik Dunia (Bagian 1)

2023-03-16 19:55:28   来源:新华社

Presiden China Xi Jinping, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dialog CPC dengan Partai Politik Dunia melalui tautan video dan menyampaikan pidato utama di Beijing, ibu kota China, pada 15 Maret 2023. (Xinhua/Huang Jingwen)

   BEIJING, 16 Maret (Xinhua) -- Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato utama dalam acara CPC dalam Dialog Pertemuan Tingkat Tinggi Partai-Partai Politik Dunia melalui tautan video pada Rabu (15/3).

Berikut ini adalah teks lengkap dari pidato tersebut:

Bergandengan Tangan di Jalur Menuju Modernisasi

Pidato Utama oleh Presiden Xi Jinping

Sekretaris Jenderal Komite Sentral

Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC)

Dan Presiden Republik Rakyat China

Di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Dialog CPC dengan Partai Politik Dunia

Beijing, 15 Maret 2023

 

   Kepada para pemimpin partai politik dari seluruh dunia,

   Tuan dan Nyonya yang terhormat,

   Rekan-rekan sekalian,

   Saya betul-betul merasa bahagia dapat bergabung dengan Anda semua untuk mengikuti diskusi bertema "Jalur Menuju Modernisasi: Tanggung Jawab Partai Politik".

   Sejarah perkembangan manusia dipenuhi oleh perubahan yang berliku. Demikian pula, perjalanan setiap negara untuk menelusuri jalur menuju modernisasi pun sangat berat. Di dunia saat ini, berbagai tantangan dan krisis saling berkaitan. Pemulihan ekonomi global masih berjalan lamban, kesenjangan pembangunan kian melebar, lingkungan ekologis semakin memburuk, dan mentalitas Perang Dingin masih melekat. Proses modernisasi umat manusia sekali lagi mencapai persimpangan sejarah.

   Polarisasi atau kemakmuran bersama? Pengejaran materialistis belaka atau kemajuan material dan budaya-etika yang terkoordinasi? Menguras kolam untuk menangkap ikan atau menciptakan keselarasan antara manusia dan alam? Permainan menang-kalah (zero-sum game) atau kerja sama saling menguntungkan? Meniru model pembangunan negara lain atau mencapai pembangunan yang mandiri dengan mempertimbangkan kondisi nasional? Modernisasi seperti apa yang kita butuhkan dan bagaimana kita dapat mencapainya? Menghadapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, partai politik, sebagai kekuatan penting yang mengarahkan dan menggerakkan proses modernisasi, mengemban tugas untuk memberikan jawabannya. Di sini, saya ingin berbagi beberapa pengamatan saya.

【记者:Zhu Chao,Cao Jiayue 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/1614b7566e03c7ecf9110662f8981993/1678967730282

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD