Profil: Dengan mandat populer, Xi Jinping pelopori gerakan baru untuk modernisasi China (Bagian 6)

2023-03-16 16:44:13   来源:新华社

   Perusahaan-perusahaan swasta di China terus berkembang. Menurut Peterson Institute for International Economics, perusahaan nonpublik pada 2012 hanya menyumbang sekitar 10 persen dari total nilai pasar dari 100 perusahaan teratas yang terdaftar di China. Namun, pada akhir 2022, proporsi itu meningkat menjadi lebih dari 40 persen.

   Xi mengatakan bahwa dirinya berencana meluncurkan sebuah babak baru dari langkah-langkah reformasi menyeluruh pada tahun ini. Keterbukaan tingkat tinggi juga akan dipercepat, termasuk secara aktif mempromosikan aksesi ke perjanjian ekonomi dan perdagangan berstandar tinggi seperti Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership/CPTPP) dan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Digital.

   Pada 2021, tingkat tarif keseluruhan China turun menjadi 7,4 persen, lebih rendah dari komitmen WTO sebesar 9,8 persen. Negara tersebut berencana untuk menurunkan lebih lanjut tingkat tarif pada 62 produk teknologi informasi, dan tingkat tarif secara keseluruhan akan diturunkan lagi sebesar 0,1 poin persentase.

Xi Jinping menyampaikan sebuah pidato bertajuk "Bekerja Bersama untuk Masa Depan Cerah yang Terbuka dan Sejahtera" via video dalam acara pembukaan Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) kelima yang diadakan di Shanghai, China timur, pada 4 November 2022. (Xinhua/Gao Jie)

   Ini merupakan pertanda nyata bahwa pemulihan ekonomi China mulai mendapatkan momentumnya. Pada Februari, indeks manajer pembelian (purchasing managers' index/PMI) manufaktur China mencapai 52,6 persen, level tertinggi baru dalam hampir 11 tahun terakhir. Perekonomian negara itu diperkirakan akan stabil dan pulih pada kuartal pertama, dan ekspektasi investasi asing tetap positif.

   Canton Fair berencana akan meningkatkan jumlah stan pamerannya menjadi hampir 70.000 stan pada tahun ini. Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE), Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (China International Fair for Trade in Services/CIFTIS), dan Pameran Produk Konsumen Internasional China (China International Consumer Products Expo/CICPE), yang semuanya sangat didukung oleh Xi, diperkirakan akan menyaksikan perluasan skala pameran.

   Dari membangun sebuah pedesaan baru yang sosialis hingga membangun China yang indah, dari kreasi artistik hingga kemajuan budaya-etika, Xi telah membuat pengaturan baru yang mencakup semua bidang penting.

   Xi menekankan bahwa untuk mencapai peremajaan besar bangsa China, dibutuhkan reunifikasi penuh China, yang merupakan hal penting dan dapat dicapai, dan dirinya telah merumuskan sebuah strategi umum guna menyelesaikan masalah Taiwan.

   Dalam pidatonya yang disampaikan sebelum penutupan "Dua Sesi" tahun ini, Xi mengatakan bahwa campur tangan eksternal dan aktivitas separatis yang menginginkan "kemerdekaan Taiwan" harus ditentang secara tegas, dan menekankan untuk dengan teguh mendorong proses reunifikasi nasional.

   "Xi merupakan seorang yang idealis dan pragmatis. Dia bijaksana, praktis, tegas, memiliki visi yang luas dan pandangan yang sistemik," ujar seorang kader yang pernah bekerja bersama Xi di Provinsi Zhejiang pada awal 2000-an. "Dia pandai mengubah krisis menjadi peluang, dan dapat melihat cetak biru hingga ke tahap akhir."

   PEMIMPIN RAKYAT

   Xi bukan hanya untuk rakyat, tetapi juga bagian dari rakyat.

   Ketika dirinya bekerja bersama para petani di pedesaan, dia belajar untuk berjuang keras saat mengangkut pupuk kandang dan mengabaikan rasa lapar yang terus menerus saat bekerja di ladang. Tahun-tahun pembentukan tersebut mengajarinya nilai sejati dari anggota masyarakat yang sering terabaikan ini, membuatnya memiliki kemampuan alami untuk terhubung dan mendengarkan rakyat biasa guna membantu menyelesaikan masalah mereka.

   Dia mungkin telah meninggalkan ladang beberapa dekade lalu, namun bahkan sebagai sekretaris jenderal, dia tidak melupakan mereka yang bekerja keras di sana atau mereka yang mengelola industri penopang negara itu, mulai dari pabrik hingga pasar. Dirinya tetap berkomitmen untuk mempertahankan kehadirannya di hadapan publik melalui kunjungan atau korespondensi pribadi.

Xi Jinping berbincang-bincang dan membuat pangsit bersama para anggota keluarga pensiunan pekerja Zhu Maojin saat dirinya berkunjung ke sebuah "hutong", atau gang tradisional, di daerah Qianmen di Beijing tengah, China, pada 1 Februari 2019. (Xinhua/Ju Peng)

   Dalam kunjungannya ke sebuah "hutong", atau gang tradisional di Beijing, Xi menggulung lengan bajunya untuk membuat pangsit bersama salah satu keluarga, dan percakapan pun mengalir. Sebelum pergi, Xi mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan kekuatan dari interaksi seperti itu.

   Terlepas dari jadwalnya yang padat, Xi secara konsisten memprioritaskan kebahagiaan masyarakat sebagai hal yang paling penting. Dalam lebih dari satu kesempatan, dirinya berkata, "Pembangunan harus bermanfaat bagi semua individu secara lebih adil dan komprehensif, dan terus mendorong pembangunan masyarakat secara menyeluruh."

   Pada awal tahun ini, Xi dengan suara bulat terpilih sebagai deputi NPC ke-14 melalui sebuah pemilihan yang kompetitif di Jiangsu. Dia hanyalah satu dari 2.900 lebih deputi yang terpilih secara nasional, yang mewakili keragaman sosial-ekonomi yang dinamis di negara tersebut, mulai dari pekerja hingga petani, dan profesional teknis hingga pekerja migran.

   Pada 5 Maret, Xi bergabung dengan rekan-rekan sesama deputi dari delegasi Provinsi Jiangsu di sesi NPC untuk membahas laporan kerja pemerintah dan mendiskusikan urusan negara.

   Musyawarah Jiangsu bukanlah satu-satunya pertemuan yang dihadiri Xi dalam "Dua Sesi" tahun ini, dan juga bukan satu-satunya pertemuan yang dia hadiri dengan para anggota parlemen dan penasihat politik.

   Dari 2013 hingga 2022, Xi menghadiri 53 musyawarah dan sesi diskusi, berbincang langsung dengan sekitar 400 anggota parlemen dan penasihat politik. Mulai dari bertanya tentang tingkat pernikahan di sebuah desa tertinggal di China tengah hingga meminta rincian industri pariwisata musim dingin di Provinsi Jilin di China timur laut, pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya selalu tajam dan relevan.

【记者:Wang Jinye,Meng Na,Li Zhihui,Xu Lingui,Gui Tao,Zhang Bowen,Yao Yulin 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/a16ddb0e3fbbf60668f5cbff68a3a7e8/1678956265345

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD