Tajuk Xinhua: Xi Jinping kumpulkan kekuatan besar untuk bangun negara hebat dan peremajaan nasional (Bagian 2)

2023-03-14 16:45:04   来源:新华社

 

Presiden China Xi Jinping, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral, menyampaikan pidato pada pertemuan penutup sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) ke-14 di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 13 Maret 2023. (Xinhua/Yan Yan)

   Menekankan upaya koordinasi pembangunan dan keamanan yang lebih baik, Xi mengatakan bahwa keamanan merupakan fondasi bagi pembangunan, sementara stabilitas merupakan prasyarat untuk terciptanya kemakmuran.

   Xi menggarisbawahi perlunya mengupayakan pendekatan holistik untuk keamanan nasional, meningkatkan sistem keamanan nasional, memperkuat kapasitas China dalam menjaga keamanan nasional, meningkatkan tata kelola keselamatan publik, menyempurnakan sistem tata kelola sosial, dan menjaga pola pembangunan baru China dengan arsitektur keamanan baru.

   Xi menyerukan upaya memajukan modernisasi pertahanan nasional dan angkatan bersenjata di semua lini, serta membangun angkatan bersenjata rakyat menjadi sebuah "Tembok Besar Baja" yang mampu secara efektif menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan nasional.

   Sang presiden juga menekankan upaya yang solid dalam memajukan praktik "Satu Negara, Dua Sistem" dan perjuangan menuju reunifikasi nasional.

   Dia menambahkan bahwa perlu untuk secara penuh, setia dan tegas, menerapkan kebijakan "Satu Negara, Dua Sistem", yang di dalamnya masyarakat Hong Kong mengelola Hong Kong dan masyarakat Makau mengelola Makau, keduanya dengan otonomi tingkat tinggi di kedua wilayah.

   Xi menggarisbawahi pentingnya tetap berkomitmen pada tata kelola berbasis undang-undang di Hong Kong dan Makau, serta mendukung Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan SAR Makau dalam membangun perekonomiannya, meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, dan semakin mengintegrasikan diri ke dalam pembangunan China secara keseluruhan.

   Selain itu, Xi juga menekankan tentang pentingnya mematuhi prinsip Satu China dan Konsensus 1992, secara aktif mempromosikan pembangunan damai hubungan lintas-Selat, dengan tegas menentang segala interferensi eksternal dan aktivitas separatis "kemerdekaan Taiwan", serta dengan mantap memajukan proses reunifikasi nasional.

   Menjanjikan upaya untuk mendorong pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia, Xi menyebut bahwa pembangunan China mendatangkan manfaat bagi dunia dan China tidak dapat berkembang dalam isolasi dari dunia luar.

   Sembari menekankan bahwa China akan melakukan upaya konkret demi memajukan keterbukaan berstandar tinggi, Xi mengatakan bahwa negaranya tidak akan hanya memanfaatkan pasar dan sumber daya global untuk pembangunannya sendiri, tetapi juga mendukung pembangunan di seluruh dunia.

   "Kami akan mendedikasikan diri untuk perdamaian, pembangunan, kerja sama, dan keuntungan bersama, berdiri teguh di sisi yang benar dalam sejarah, mempraktikkan multilateralisme sejati, dan menjunjung tinggi nilai-nilai bersama dalam hal kemanusiaan," ujar Xi.

   Dia menambahkan bahwa China akan memainkan peran aktif dalam reformasi dan pengembangan sistem tata kelola global, memberikan kontribusi untuk membangun perekonomian dunia yang terbuka, memajukan implementasi Inisiatif Pembangunan Global dan Inisiatif Keamanan Global, meningkatkan stabilitas dan energi positif untuk pembangunan dunia yang damai, serta menjaga lingkungan internasional yang kondusif bagi pembangunan China.

   Xi menekankan untuk menjunjung tinggi kepemimpinan CPC dan kepemimpinan Komite Sentral CPC yang terpusat dan terpadu.

   Penting untuk tetap siaga dan menjaga tekad dalam mengatasi tantangan-tantangan khusus yang dihadapi partai besar seperti CPC, kata Xi.

   Dia menggarisbawahi pentingnya selalu memiliki keberanian untuk melakukan reformasi diri dan menjalankan tata kelola Partai yang mandiri secara penuh dan tegas tanpa henti, serta memerangi korupsi tanpa kompromi.

   Diperlukan upaya untuk selalu menjaga solidaritas dan persatuan Partai, dan menjamin bahwa CPC tidak akan pernah mengubah sifat, keyakinan atau karakternya, sehingga memberikan jaminan yang kuat untuk perjuangan membangun China menjadi negara sosialis modern yang hebat dan mewujudkan peremajaan nasional, imbuh Xi.  Selesai

【记者:Guo Likun,Fu Shuangqi,Wang Xiuqiong,Wu Ziyu,Chen Yongrong,Yue Xitong,Jia Zhao,Shen Anni,Wang Wen,Wang Di,Wang Cong,Li Zhihui,Ji Xiaodongyidu,Huang Jingwen,Yan Yan 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/0ef37aa12e48cc9aa88587df2a24f820/1678783509175

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD