Tajuk Xinhua: Xi Jinping kumpulkan kekuatan besar untuk bangun negara hebat dan peremajaan nasional (Bagian 1)

2023-03-14 16:03:09   来源:新华社

Xi Jinping dan para pemimpin China lainnya menghadiri pertemuan penutup sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) ke-14 di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 13 Maret 2023. (Xinhua/Huang Jingwen)

   * Presiden China Xi Jinping menyerukan pembentukan kekuatan besar untuk membangun sebuah negara sosialis modern yang hebat dan memajukan peremajaan nasional saat menutup acara tahunan "dua sesi".

   * Xi menekankan pentingnya mempercepat modernisasi China sesuai dengan keputusan strategis yang dibuat pada Kongres Nasional CPC ke-20.

   * Xi berjanji akan menjalankan tugasnya dengan cermat, melakukan yang terbaik, dan membuktikan bahwa dirinya layak mendapat kepercayaan dari semua deputi NPC beserta rakyat China dari semua kelompok etnis.

   BEIJING, 13 Maret (Xinhua) -- Presiden China Xi Jinping pada Senin (13/3) menyerukan pembentukan kekuatan besar untuk membangun sebuah negara sosialis modern yang hebat dan memajukan peremajaan nasional saat menutup acara tahunan "dua sesi", yang memulai babak baru dalam modernisasi China dengan kepemimpinan yang kompeten dan kebijakan yang terperinci.

   Mulai hari ini hingga pertengahan abad ke-21, tugas utama semua anggota Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan seluruh rakyat China adalah membangun China menjadi sebuah negara sosialis modern yang hebat di segala bidang dan memajukan peremajaan nasional China di semua lini, sebut Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral (Central Military Commission/CMC), saat berpidato dalam pertemuan penutup sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) ke-14, badan legislatif nasional China.

   "Tongkat estafet untuk membangun sebuah negara sosialis modern yang hebat dan memajukan peremajaan nasional telah secara historis diwariskan kepada generasi kita," kata Xi, yang dengan suara bulat terpilih sebagai presiden China sekaligus ketua CMC Republik Rakyat China pada Jumat (10/3) dalam sesi tersebut.

   Xi menekankan pentingnya mempercepat modernisasi China sesuai dengan keputusan strategis yang dibuat pada Kongres Nasional CPC ke-20.

   "Kepercayaan rakyat merupakan motivasi terbesar yang mendorong saya untuk terus maju dan tanggung jawab besar yang saya pikul," ujar Xi. "Saya akan dengan setia memenuhi tanggung jawab saya yang diamanatkan oleh Konstitusi, dengan kebutuhan bangsa sebagai misi saya dan kepentingan rakyat sebagai pedoman saya."

   Xi berjanji menjalankan tugasnya dengan cermat, melakukan yang terbaik, dan membuktikan bahwa dirinya layak mendapatkan kepercayaan dari seluruh deputi NPC dan rakyat China dari semua kelompok etnis.

   Dalam perjalanan baru yang menanti, China akan terus memajukan pembangunan berkualitas tinggi, kata Xi.

   China harus sepenuhnya dan dengan setia menerapkan filosofi pembangunan baru di semua sektor serta mempercepat upaya-upaya untuk menciptakan pola pembangunan baru, sebutnya.

   Xi menyerukan penerapan penuh strategi itu untuk memperkuat China melalui ilmu pengetahuan dan pendidikan, strategi pengembangan tenaga kerja, serta strategi pengembangan yang digerakkan oleh inovasi.

   China harus berupaya mencapai kemandirian dan kekuatan yang lebih besar di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong transformasi dan peningkatan industri, memajukan pembangunan perkotaan-pedesaan dan regional yang terkoordinasi, serta mengembangkan pembangunan ekonomi dan sosial yang ramah lingkungan dan rendah karbon, ujar Xi.

   Berbagai upaya harus dilakukan untuk secara efektif meningkatkan dan secara tepat memperluas ekonomi, serta terus meningkatkan kekuatan ekonomi negara, kapabilitas ilmiah dan teknologi, serta kekuatan gabungan nasional, tuturnya.

   Menekankan penempatan rakyat sebagai prioritas dalam perjalanan baru, Xi mengatakan bahwa rakyat adalah kekuatan penentu dalam membangun China menjadi sebuah negara sosialis modern yang hebat di segala bidang.

   Xi mendesak upaya-upaya untuk secara aktif mengembangkan demokrasi rakyat seluruh proses, dan untuk menjunjung tinggi persatuan kepemimpinan CPC, pengelolaan negara oleh rakyat, dan pemerintahan berbasis undang-undang.

   Sang presiden mengatakan bahwa filosofi pembangunan yang berpusat pada rakyat harus diterapkan agar hasil modernisasi mendatangkan manfaat bagi semua orang secara adil, dan lebih banyak kemajuan yang nyata dan substantif akan dibuat dalam mendorong kemakmuran bagi semua.

   Xi juga menekankan penguatan dan perluasan persatuan besar rakyat China dari semua kelompok etnis serta persatuan besar semua putra dan putri bangsa China di dalam maupun luar negeri.

   "Dengan melakukan itu, kita akan memobilisasi semua faktor yang menguntungkan dan membentuk kekuatan besar yang akan memfasilitasi pembangunan sebuah negara sosialis modern yang hebat dan memajukan peremajaan nasional," kata Xi.

【记者:Guo Likun,Fu Shuangqi,Wang Xiuqiong,Wu Ziyu,Chen Yongrong,Yue Xitong,Jia Zhao,Shen Anni,Wang Wen,Wang Di,Wang Cong,Li Zhihui,Ji Xiaodongyidu,Huang Jingwen,Yan Yan 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/433df458857dff90c833255356dd87af/1678780992058

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD