12 tahun pascagempa Fukushima, masyarakat Jepang tolak pembuangan air limbah nuklir ke laut

2023-03-13 19:55:36   来源:新华社

JUDUL: 12 tahun pascagempa Fukushima, masyarakat Jepang tolak pembuangan air limbah nuklir ke laut

DATELINE: 12 Maret 2023

DURASI: 00:02:08 

LOKASI: Tokyo

KATEGORI: MASYARAKAT/LINGKUNGAN

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan orang-orang berkumpul pada Sabtu (11/3) pagi untuk menyampaikan penolakan keras mereka terhadap rencana pembuangan air limbah ke laut

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Jepang): MAKOTO YANAGIDA, Organisasi lingkungan Jepang Tanpoposya

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Jepang): JONNY H. (nama samaran), Gitaris

4. SOUNDBITE 3 (Bahasa Jepang): MUKAI, Anggota Sanya Labor Center

5. SOUNDBITE 4 (Bahasa Jepang): TOSHIKO OKADA, Anggota kelompok warga

 

STORYLINE:

Saat Jepang bersikeras melanjutkan rencana pembuangan air limbah yang terkontaminasi nuklir dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi yang rusak ke Samudra Pasifik, penduduk setempat mengekspresikan kemarahan dan penolakan mereka.

Hari Sabtu (11/3) menandai 12 tahun pascagempa bermagnitudo 9,0 mengguncang wilayah timur laut Jepang. Tsunami yang terjadi setelahnya mengakibatkan kebocoran nuklir di PLTN Fukushima yang dioperasikan oleh Tokyo Electric Power Company (TEPCO), menimbulkan kecelakaan nuklir level-7, yang merupakan level tertinggi pada Skala Kejadian Nuklir dan Radiologis Internasional.

Di depan kantor pusat TEPCO di Tokyo, massa dalam jumlah besar berkumpul pada Sabtu pagi untuk menyampaikan penolakan keras mereka terhadap rencana pembuangan limbah tersebut. 

SOUNDBITE 1 (Bahasa Jepang): MAKOTO YANAGIDA, Organisasi lingkungan Jepang Tanpoposya

"Saya sangat menentang pembuangan air limbah itu. Air limbah yang terkontaminasi nuklir harus disimpan di darat. Ada terlalu banyak unsur radioaktif di dalam airnya. Tidak mungkin pabrik TEPCO dapat sepenuhnya menghilangkan tritium. Pernyataan pemerintah tidak kredibel."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Jepang): JONNY H. (nama samaran), Gitaris

"Jika air limbah tersebut dibuang, saya rasa mayoritas warga Jepang tidak akan makan ikan (dari Fukushima). Industri akuakultur Fukushima terpukul hebat pascagempa bumi pada 11 Maret 2011. Keputusan membuang air limbah nuklir ke laut merupakan hal bodoh. Itu adalah kejahatan."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Jepang): MUKAI, Anggota Sanya Labor Center

"Unsur-unsur radioaktif dalam air limbah nuklir akan kembali ke tubuh manusia melalui rantai makanan termasuk ganggang dan ikan, dan akan kembali merusak kesehatan manusia. Klaim perusahaan Anda bahwa tidak ada tempat untuk menyimpan air limbah tidak berdasar. Ini merupakan pelanggaran terhadap Konvensi Pencegahan Pencemaran Laut dengan Membuang Limbah dan Bahan Lain 1972." 

SOUNDBITE 4 (Bahasa Jepang): TOSHIKO OKADA, Anggota kelompok warga

"Lautan bersih dan rumah indah kita harus dikembalikan kepada kita. Jangan membuang air limbah nuklir (ke laut)."

Pemerintah Jepang mengatakan pada Januari bahwa mulai musim semi atau musim panas ini, lebih dari 1 juta ton air limbah radioaktif dari PLTN Fukushima yang rusak di wilayah timur laut Jepang akan dibuang ke Samudra Pasifik.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Tokyo.

(XHTV)

【记者:Li Guangzheng,Guo Dan,Zhang Yiyi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/483ee90b10f08eece667bfc701b25963/1678708539878

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD