Xi Jinping tekankan pentingnya upaya majukan praktik "satu negara, dua sistem" dan reunifikasi nasional

2023-03-13 19:28:01   来源:新华社

   BEIJING, 13 Maret (Xinhua) -- Presiden China Xi Jinping pada Senin (13/3) menekankan pentingnya upaya-upaya yang solid dalam memajukan praktik "satu negara, dua sistem" dan perjuangan untuk reunifikasi nasional.

   Xi menyampaikan pernyataan tersebut saat berpidato pada pertemuan penutup sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) ke-14.

   Sang presiden menekankan perlunya untuk secara penuh, dengan setia, dan dengan tegas menerapkan kebijakan "satu negara, dua sistem", yang di dalamnya masyarakat Hong Kong mengelola Hong Kong dan masyarakat Makau mengelola Makau, dengan otonomi tingkat tinggi di kedua wilayah.

   Xi menggarisbawahi pentingnya untuk tetap berkomitmen terhadap tata kelola berbasis undang-undang di Hong Kong dan Makau, serta mendukung Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan SAR Makau dalam mengembangkan ekonominya, meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, dan semakin mengintegrasikan diri ke dalam pembangunan China secara keseluruhan.

   Selain itu, Xi juga menekankan pentingnya mematuhi prinsip Satu China dan Konsensus 1992, secara aktif mendorong pengembangan hubungan lintas Selat yang damai, dengan tegas menentang interferensi eksternal dan aktivitas separatis "kemerdekaan Taiwan", serta dengan tegas memajukan proses reunifikasi nasional.  Selesai

【记者:Jia Zhao,Shen Anni 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/ac404c04e9c7268b68f5cbff68a3a7e8/1678706883861

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD